Inilah Menu Makanan Unik Pernikahan Gibran dan Selvi

Torie Natalova    •    10 Juni 2015 16:41 WIB
kulinerjokowi mantu
Inilah Menu Makanan Unik Pernikahan Gibran dan Selvi
Garang asem bumbung. (Foto:Chilli Pari Catering)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pernikahan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda akan berlangsung besok, Kamis 11 Juni. Dalam pesta resepsinya, Gibran yang memiliki bisnis katering bernama Chilli Pari itu akan menyuguhkan sajian tradisional khas Solo mulai dari camilan, makanan utama hingga minumannya.

Berikut menu makanan di resepsi pernikahan Gibran dan Selvi yang akan berlangsung di Gedung Graha Saba, Solo.

Prawan ayu (gadis cantik)
Salah satu sajian yang menjadi kejutan di pernikahan Gibran dan Selvi adalah prawan ayu. Menurut Gibran, makanan ini merupakan makanan ringan yang terbuat dari umbi-umbian.

Prol kopyor
Sama seperti prawan ayu, makanan ini merupakan makanan ringan yang biasanya disajikan dalam resepsi pernikahan Jawa.

Nasi liwet
Nasi liwet menjadi menu utama resepsi. Nasi liwet merupakan makanan khas Kota Solo. Nasi liwet adalah nasi gurih yang dimasak dengan kelapa mirip nasi uduk dan disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam, dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa.

Nasi liwet biasanya dijajakan keliling dengan bakul bambu oleh ibu-ibu yang menggendongnya tiap pagi atau dijual di warung-warung lesehan sehingga bisa dinikmati mulai pagi hingga malam hari.


(Nasi liwet solo/foto:wikipedia)

Selat segar/Selat Solo
Selat solo merupakan makanan asli Surakarta yang terdiri dari wortel, buncis, ketimun, kentang goreng, selada, telur kecap, dan daging, yang disiram dengan kuah semur plus ditambahkan mayones buatan sendiri yang rasanya kecut tapi juga segar. Di beberapa restoran atau tempat makan, Selat Solo biasanya diberi irisan daging tipis.

Garang asem bumbung
Makanan ini merupakan salah satu makanan tradisional yang mulai jarang ditemukan. Makanan dengan olahan ayam ini disajikan dalam bambu yang pada dahulu kala merupakan menu makanan khas pura mangkunegaran. Garang asem didominasi rasa gurih, asam, dan agak pedas dengan ayam kampung sebagai isian utamanya.


(Timlo Solo/foto:kaskus)

Timlo
Makanan ini sejenis sup dengan isian kembang tahu, telur, daging ayam atau sapi dan juga sosis. Timlo juga makanan khas dari Solo dengan rasa yang segar karena kuahnya tidak pekat.

Tengkleng
Ini adalah masakan sejenis gulai dengan bahan tulang kambing atau jeroan. Sekilas, rasa makanan khas Solo ini mirip gulai tapi kuahnya lebih encer.


(Nasi gunung sari)

Nasi gunung sari
Sekilas, makanan ini mirip dengan nasi tumpeng atau kuning versi mini. Lengkap dengan nasi kuning yang dibentuk kerucut kecil dan dihidangkan lengkap dengan beberapa lauk seperti suwiran ayam, ati ampela dan kerupuk.

Minuman beras kencur
Beras kencur dikenal sebagai jamu yang menyegarkan. Minuman ini memliki khasiat meningkatkan nafsu makan dengan rasanya yang manis dan segar. Beras kencur terbuat dari beras yang dihaluskan dan kencur.

Minuman gula asem
Minuman ini terbuat dari asam jawa dan gula merah (gula jawa). Rasanya yang manis dan asam mampu menyegarkan dahaga di saat panas. Apalagi, jika minuman ini dicampur dengan es batu. Minuman ini baik bagi tubuh karena mengandung zat besi, kalsium, asam folat, mineral. Selain itu, gula merah memiliki kandungan gula yang lebih rendah dibanding gula pasir sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.


(LOV)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /