Pemerintah Perpanjang Usaha Freeport 20 Tahun

Annisa ayu artanti    •    10 Juni 2015 19:07 WIB
freeport
Pemerintah Perpanjang Usaha Freeport 20 Tahun
Tambang Freeport (MI/AGUS MULYAWAN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan bahwa pemerintah memberi perpanjangan kelangsungan usaha PT Freeport Indonesia selama 20 tahun melalui Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

"Setelah melakukan pertemuan dengan Presiden menyampaikan usulan agar hubungan kerja pemerintah dengan Freeport diubah dari sistem kontrak karya ke IUPK," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (10/6/2015).

Dadan menjelaskan, pertemuan antara Freeport dan Menteri ESDM Sudirman Said tadi membahas pencarian solusi kelanjutan operasi Freeport tanpa melanggar peraturan. "Kementerian ESDM mencari solusi agar kelanjutan operasi Freeport dapat segera diputuskan tanpa melanggar peraturan yang ada," ungkap dia.

Dia mengatakan, solusinya adalah mengganti hubungan status kerja dari kontrak karya menjadi IUPK. Perubahan status itu sebagai jalan keluar bagi percepatan keputusan tentang kelanjutan operasi Freeport di tanah Papua.

"Dengan persetujuan Freeport ke IUPK, tahap berikutnya adalam melakukan finalisasi untuk mendapatkan persetujuan dari pemerintah," ujarnya.

Lebih lanjut Dadan mengatakan, status IUPK itu nanti membuat Freeport mendapat izin menggarap tambang di Papua selama 20 tahun ke depan. Namun, Dadan belum bisa memastikan perhitungan pemberian perpanjangan usaha selama 20 tahun itu dimulai kapan.

"Iya terhitung sejak IUPK. Nanti kan IUPK pemerintah yang akan memutuskan hal tersebut. Tapi proses saat ini sudah boleh dimulai," pungkas dia.


(ABD)

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho
Liga Champions 2017 -- 2018

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho

8 hours Ago

Conte merasa Mourinho masih sering memperhatikan apa yang terjadi di Chelsea. Untuk itu, ia mem…

BERITA LAINNYA
Video /