Pidana Pajak, 'SD' Diserahkan ke Kejaksaan Tinggi Sumatera

Gervin Nathaniel Purba    •    10 Juni 2015 19:30 WIB
pajak
Pidana Pajak, 'SD' Diserahkan ke Kejaksaan Tinggi Sumatera
Gedung Pajak (MI/ANGGA YUNIAR)

Metrotvnew.com, Medan: Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Utara II menyerahkan tersangka 'SD' ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara. Penyerahan dilakukan karena berkas perkara penyidikan tindak pidana pajak dinyatakan lengkap.

Tersangka 'SD' merupakan direktur CV 'T', sebuah perusahaan yang merupakan rekanan PTPN IV. Awalnya, kasus ini timbul dari munculnya dugaan adanya tindak pidana perpajakan yang dilakukan oleh CV 'T' sebagai rekanan PTPN IV atas proyek yang diterimanya.

Dari keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu (10/6/2015), disebutkan penyidik pajak bekerja sama dengan Koordinator Pengawas (Korwas), Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), Kepolisian Daerah Sumatera, dan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara berhasil membuat terang empat dugaan perbuatan pidana perpajakan.

Perbuatan yang dilakukan tersangka di antaranya sengaja tidak menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT), Pajak Penghasilan (PPh), memungut Pajak Pertambahan Nilai (PPN) tetapi tidak menyetor, menyampaikan SPT PPN yang isinya tidak benar, dan tidak menyelenggarakan pembukuan atas kegiatan usaha.

Perbuatan pidana ini menimbulkan sejumlah kerugian negara pada 2008 sebesar hampir Rp1 miliar. Tersangka diduga melanggar ketentuan pasal 39 ayat (1) huruf c, d, dan I UU KUP. Ancaman hukuman minimal enam bulan penjara dan maksimal enam tahun penjara, dan denda paling sedikit dua kali jumlah pajak yang terutang dan paling banyak empat kalinya.

Saat ini, jajaran penyidik Kanwil DJP Sumatera Utara II tengah menyelidiki beberapa Wajib Pajak atas dugaan tindak pidana perpajakan. Penyelidikan terhadap modus serupa uang diduga oleh rekanan-rekanan lain selama bertahun-tahun sehingga penerimaan pajak tidak optimal.



(ABD)

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool
Bursa Transfer Pemain

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool

1 day Ago

Juventus akhirnya menyatakan menyerah mengejar gelandang Liverpool Emre Can.…

BERITA LAINNYA
Video /