Bank Jatim Berterima Kasih Kasus Kredit Fiktif Terungkap

Amaluddin    •    10 Juni 2015 21:00 WIB
Bank Jatim Berterima Kasih Kasus Kredit Fiktif Terungkap
Logo Bank Jatim, Ant

Metrotvnews.com, Surabaya: Pengungkapan kasus pengajuan kredit fiktif di Bank Jatim Kota Malang, Jawa Timur, menarik perhatian pihak Bank Jatim Pusat yang berkantor di Jalan Basuki Rahmat, No 98-104, Surabaya. Corporate Secretary Bank Jatim, Agus Abdullah, mengatakan bank mendukung penuh Polda mengusut kasus tersebut.

"Kami mendukung dan berterima kasih pada aparat kepolisian yang saat ini telah melakukan proses penyelidikan pada Bank Jatim Cabang Malang. Kami berharap kasus ini menjadi jelas agar yang terbukti bersalah dapat mempertanggungjawabkan perbuatannya sesuai hukum dan undang-undang yang berlaku," tegasnya ketika dikomfirmasi, di Surabaya, Rabu (10/6/2015).

Agus mengatakan tindakan itu bertujuan melindungi kepentingan dan kenyamanan nasabah. Bank Jatim selalu berusaha untuk konsisten dan serius dalam mencegah setiap upaya kejahatan pada industri perbankan.

Terkait perihal itu, kedepannya, kata Agus, pihaknya akan terus meningkatkan berbagai peningkatan pengawasan pada mekanisme penyaluran kredit. "Misalnya penempatan auditor internal di kantor cabang bank Jatim dan fungsi eskalasi persetujuan kredit," tandasnya.

Sebelumnya, Penyidik Subdit II/Perbankan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Timur membongkar kasus Kredit Usaha Rakyat (KUR) fiktif di Bank Jatim Cabang kota Malang senilai Rp24,8 miliar. BW salah satu Pimpinan Bank Jatim Cabang Jombang, diduga 'otak' terkait kasus tersebut.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Anas Yusuf di Mapolda Jatim, Rabu (10/6) mengatakan KUR fiktif di Bank Jatim Cabang Malang itu bermodus pengajuan kredit pegawai menggunakan non-PNS yang dibuat seolah-olah PNS.

Lebih lanjut, pengakuan PNS oleh mereka yang bukan PNS itu dilakukan dengan memalsukan dokumen mulai KTP, SK, NPWP, dan sebagainya. Pelakunya ada 10 orang, tapi dua orang akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

"Kami tidak tahu, kenapa kasus KUR fiktif Bank Jatim Cabang Jombang (19/5) terulang di Malang (10/6), karena setahu kami bahwa semua perbankan itu menganut prinsip kehati-hatian," imbuhnya.
(RRN)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /