Mensos Desak Dewan Segera Bahas RUU Disabilitas

Meilikhah    •    11 Juni 2015 03:26 WIB
Mensos Desak Dewan Segera Bahas RUU Disabilitas
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat melakukan bedah rumah di Lubuklinggau, Sumatera Selatan--MTVN/Meilikhah

Metrotvnews.com, Lubuklinggau: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyatakan DPR RI akan mulai membahas rancangan undang-undang disabilitas mulai tahun ini. Bahkan dia menyebut pembahasan RUU tersebut sudah masuk dalam prolegnas prioritas.

Hal tersebut ia sampaikan saat mengunjungi salah satu media lokal Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Rabu (10/6/2015).

"Mulai masuk prolegnas akan melakukan pembahasan RUU disabilitas. Artinya, sekarang DPR tengah melakukan studi banding untuk dibahas dalam waktu dekat. Setelah reses, tahun ini dibahas," ujar Khofifah, Rabu (10/6/2015).

Disampaikannya, menurut data Susenas 2012 penyandang disabilitas di Indonesia menyentuh angka 6,6 juta jiwa. Sementara, badan kesehatan dunia WHO menyebut 15 persen penduduk Indonesia adalah penyandang disabilitas.

"Kalau WHO menyebut 15 persen, artinya ada sekitar 32 juta jiwa penduduk Indonesia mengalami disabilitas," jelasnya.

Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan era Presiden Abdurrahman Wahid ini menyebut, data penyandang disabilitas Susenas 2012 adalah 6,6 juta. Dari data tersebut, lima persen penyandang disabilitas mengalami kecacatan karena stres yang pemulihannya tak sempurna.

Sementata, 16,45 persen mengalami disabilitas akibat bencana alam dan kecelakan, 16,57 karena cacat bawaan lahir dan 63 persennya disebabkan karena penyakit dan kurang gizi.

Tingginya angka penyandang disabilitas ini membuat Khofifah mendorong DPR untuk segera melakukan pembahasan RUU dan memasukannya ke prolegnas prioritas. Upaya lain pun dilakukan Kementerian Sosial untuk membantu penyandang disabilitas. Salah satunya pemberian kaki dan tangan palsu yang akan diserahkan pada acara puncak Bhakti Sosial Tagana Regional se-Sumatera 2015 di Desa Ulak Lebar, Lubuklinggau Sumatera Selatan.
(AZF)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /