FITRA: Dana Aspirasi Dapat Memperlebar Kesenjangan antar Daerah

Intan fauzi    •    11 Juni 2015 07:25 WIB
dpr
FITRA: Dana Aspirasi Dapat Memperlebar Kesenjangan antar Daerah
Sekretaris Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), Yenny Sucipto

Metrotvnews.com, Jakarta: Dana aspirasi yang diusulkan DPR sejumlah Rp 11,2 triliun atau sekitar Rp 20 miliar untuk masing-masing dewan menuai kontroversi. Para dewan berkilah dana tersebut demi pemerataan pembangunan.

Namun, nyatanya tak ada asal-usul yang jelas atas penetapan nilai yang jumlahnya hingga belasan triliunan itu dan juga indikator kesuksesan dari usulan itu. 

"Menurut catatan kami ini tidak ada indikasi yang jelas sehingga muncul Rp 11,2 itu. Alih-alih bahwa dibilang ini untuk mempersempit kesenjangan antar wilayah lalu seperti apa indikatornya?," kata Sekretaris Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), Yenny Sucipto, dalam Bincang Pagi Metro TV, Kamis (11/6/2015).

Alasan demi pemerataan pembangunan pun diragukan. Pasalnya, sekitar 300 dari 560 anggota dewan daerah pemilihannya berada di Pulau Jawa. Bukan mempersempit kesenjangan, dana aspirasi dianggap membuka celah memperlebarnya.

"Anggota DPR dari 560 orang, 300-an anggota terpusat di Jawa. Ini bagaimana mempersempit kesenjangan? Apakah ini malah memperlebar kesenjangan?" tegas Yenny.

Rencananya, dana aspirasi yang diusulkan DPR itu dimasukkan dalam RAPBN 2016. Usulan anggaran dana aspirasi didasarkan pada UU MD3 dimana anggota DPR sebagai wakil rakyat menerima aspirasi rakyat dan berupaya untuk merealisasikannya.


(AZF)

CEO Milan: Kedatangan Kalinic Melengkapi Skuat
AC Milan 2017--2018

CEO Milan: Kedatangan Kalinic Melengkapi Skuat

1 hour Ago

CEO AC Milan, Marco Fassone mengatakan perekrutan Nikola Kalinic melengkapi skuat musim ini. It…

BERITA LAINNYA
Video /