Politikus PPP: Dana Aspirasi Dapat Kurangi Lobi-lobi Kepala Daerah

Intan fauzi    •    11 Juni 2015 08:13 WIB
dpr
Politikus PPP: Dana Aspirasi Dapat Kurangi Lobi-lobi Kepala Daerah
Anggota Komisi III DPR RI, Achmad Dimyati Natakusumah,

Metrotvnews.com, Jakarta: Dana aspirasi yang diusulkan DPR sejumlah Rp 11,2 triliun atau sekitar Rp 20 miliar untuk masing-masing dewan menuai kecaman dari berbagai pihak, termasuk FITRAH. Namun, Anggota Komisi III DPR RI, Achmad Dimyati Natakusumah, menilai keberadaan dana aspirasi tepat, lantaran mampu mengurangi  terjadinya lobi-lobi kepala daerah ke pemerintahan pusat demi mendapatkan jumlah anggaran yang tinggi.

"Tidak ada kepala daerah yang tidak kerja. Di Jakarta melakukan lobi-lobi terhadap personal atau pemerintah, ada permainan-permainan. Nanti tidak lagi begitu," kata Dimyati dalam Bincang Pagi Metro TV, Kamis (11/6/2015).

"Misalnya kan kabupaten ini pintar lobi lalu dapat lebih besar," sambungnya.

Politikus PPP kubu Djan Faridz ini menilai dengan berkurangnya lobi-lobi tersebut, maka pemerataan pembangunan dapat terwujud. Tidak ada lagi kabupaten yang mendapat alokasi anggaran dengan jumlah yang lebih tinggi.

"Ini membantu daerah sehingga merata. Jika alokasinya tidak ditetapkan maka terjadi lobi-lobi. Kegunaan dana itu hanya sekedar untuk pemerataan di daerah, tidak perlu ada lobi untuk meminta anggaran," jelas dia.

Rencananya, dana aspirasi yang diusulkan DPR itu dimasukkan dalam RAPBN 2016. Usulan anggaran dana aspirasi didasarkan pada UU MD3 dimana anggota DPR sebagai wakil rakyat menerima aspirasi rakyat dan berupaya untuk merealisasikannya.


(AZF)


<i>Jersey</i> Prancis Masih Laris di Moskow

Jersey Prancis Masih Laris di Moskow

17 hours Ago

Perhelatan Piala Dunia 2018 Rusia telah usai, namun tidak membuat Kota Moskow sepi. Kawasan suv…

BERITA LAINNYA
Video /