SMPN 1 Magelang Dinobatkan sebagai Sekolah Paling Jujur Se-Indonesia

Patricia Vicka    •    11 Juni 2015 18:03 WIB
ujian nasional smp
SMPN 1 Magelang Dinobatkan sebagai Sekolah Paling Jujur Se-Indonesia
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. Foto: Metrotvnews.com/Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Magelang: SMPN 1 Magelang Jawa Tengah dinobatkan sebagai sekolah paling jujur atau sekolah paling berintegritas di Indonesia. Sekolah ini juga berhasil menyabet nilai tertinggi Ujian Nasional tingkat SMP se-Indonesia. Hasil Ujian Nasional (UN) dan Indeks Integritas UN (IIUN) SMPN 1 Magelang tertinggi se-Indonesia.

Hasil nilai UN dan IIUN diumumkan langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, di Aula SMPN 1 Jalan Pahlawan Nomor 66, Magelang, Jawa Tengah.

"SMPN 1 Magelang memperoleh indeks integritas di atas 97. Ini hasil yang menakjubkan. Hanya sekolah ini yang nilai Indeksnya di atas 97," ujar Anies saat mengumumkan hasil UN di SMPN 1 Magelang, Jawa Tengah, Kamis (11/6/2015).

Sedangkan nilai UN rata-rata di sekolah ini adalah 93,53. Peraih nilai UN tertinggi juga diraih siswi SMPN 1 Magelang Jawa Tengah.

Menteri Anies yang didampingi Walikota Magelang, Sigit Widyonindito, sengaja mengumumkan langsung hasil UN di SMPN 1 Magelang. Ia ingin bertemu langsung dengan para siswa yang selain pintar, juga jujur.

"Membangun sekolah bermutu dibutuhkan ekosistem, pengajar, dan siswa yang baik. Maka, saya sengaja mengumumkannya di tempat peraih hasil UN tertinggi. Saya ingin melihat suasana sekolah, guru, kepala sekolah, murid, sekaligus pemerintah daerah di sini," katanya.

Anies terkesan dengan kecerdasan serta kejujuran hati para siswa di SMPN 1. "Indonesia kini butuh anak-anak berintegritas tinggi dan berkarakter baik," katanya.

Indeks Integrasi UN ditujukan untuk mengembalikan praktek kejujuran di seluruh aspek kehidupan bangsa Indonesia. "Maka saya apresiasi langkah SMPN 1. Patut diteladani," tutupnya.

Kepala Sekolah SMPN 1 Magelang, Kunadi, bangga dengan prestasi yang ditoreh anak didiknya.

"Pak Walikota rajin mengunjungi sekolah setiap hari Senin. Beliau sidak sehingga semua sekolah di sini harus siap sewaktu-waktu," kata Kunadi.


Berikut 5 SMP peringkat IIUN dan Nilai UN tertinggi di Indonesia:

1. SMPN 1 Magelang. IIUN (97,12), Nilai UN 93,53. 

2. SMPN 4 Pakem Yogyakarta, IIUN (96,78), Nilai UN (92,83).

3. SMPN 1 Godean Yogyakarta, IIUN (96,72), NIlai UN (91,85).

4. SMPN 115 Jakarta, IIUN (96,96), Nilai UN (92,01).

5. SMP Labschool Kebayoran Jakarta, IIUN (96,96) Nilai UN (92,08).


(UWA)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

16 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /