Lezatnya Otak-Otak Bu En's dengan Balutan Telur

Torie Natalova    •    11 Juni 2015 18:31 WIB
kuliner
Lezatnya Otak-Otak Bu En's dengan Balutan Telur
Otak-otak bandeng. (Foto:istimewa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Otak-otak adalah camilan yang biasanya dibuat dari bahan baku ikan tenggiri dan dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar. Namun, di Pasuruan, otak-otak berasal dari bahan baku ikan bandeng. Uniknya, penampilan otak-otak bandeng yang satu ini berbeda dari otak-otak biasanya.

Otak-otak Bu En's dari Pasuruan ini bentuknya seperti ikan bandeng yang dibalut penuh dengan  telur. Hampir menyerupai kepompong dengan beberapa lapis telur. Jangan khawatir, bagian dalam otak-otak yang berbentuk ikan utuh ini sangat lembut dan tidak ada duri sama sekali.



Kepada metrotvnews.com, Bu En's mengatakan idenya sudah lama sejak dari orangtuanya. Ia sebelumnya memiliki usaha di bidang katering. Namun dulu, otak-otak bandengnya tidak diberi lapisan telur.

"Iya pakai telur supaya menarik. Sudah lama, dari dulu bikin, sampai sekarang bikin kalau ada pesanan saja," katanya.


(Proses pembuatan otak-otak bandeng)

Proses memasak otak-otak bandeng ini butuh perjuangan. Bagaimana tidak, duri ikan bandeng relatif banyak dan Bu En harus mencabutnya satu per satu hingga bersih, kemudian daging ikan dikukus. Kemudian, ikan ditumbuk halus dan dicampur dengan bumbu dan kemudian dimasukkan lagi ke dalam kulit ikan yang masih utuh. Setelah itu, otak-otak dikukus kembali.

Uniknya, dalam campuran daging ikan ditambahkan koya dan bumbu opor. Karenanya, rasa otak-otak ini cenderung manis tapi juga gurih. "Jadi itu duri-durinya diambilin dulu, dagingnya dimasak, terus kalau sudah ditumbuk halus dan dicampur kelapa, koya, pakainya bumbu opor. Terus dikukus lagi, baru digoreng dicampur telur," tuturnya.

Otak-otak bandeng ini dijual baru sebatas dari mulut ke mulut saja. Biasanya Bu En akan membuat otak-otak bandeng jika ada pesanan. Satu buah otak-otak bandeng Bu En's dijual seharga Rp20 ribu. Selain otak-otak bandeng, Bu En juga membuat aneka hidangan untuk hajatan seperti botok ikan, bandeng presto, juga jajanan pasar seperti kroket, lemper dan lainnya. 


(Kemasan otak-otak Bu En's)

Jika ingin menyicipi uniknya otak-otak bandeng ini, Anda bisa langsung menghubungi Bu En di 082140070008 atau datang ke rumah Bu En di Jalan Nener 255 RT 01/RW 01, Kalianyar, Bangil, Pasuruan, Jawa Timur.


(LOV)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /