Jangan Berikan Smartphone Pada Anak-Anak

   •    12 Juni 2015 09:55 WIB
keluarga
Jangan Berikan <i>Smartphone</i> Pada Anak-Anak
Anak bisa menjadi kecanduan smartphone. (Foto:Huffingtonpost.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kecanggihan teknologi memang terbilang efektif membuat hidup lebih mudah dan efisien. Namun, sebagai orangtua, anda patut waspada karena teknologi canggih seperti smartphone bisa berdampak buruk bagi anak Anda.

Untuk itu, jika perlu jangan perkenalkan smartphone kapada anak Anda terlalu dini untuk menghindari risiko berbahaya. Berikut beberapa alasan mengapa smartphone harus dijauhkan dari anak-anak.

Mengubah hubungan antara orangtua dan anak

Smartphone dapat mengubah ikatan yang seharusnya ada antara orangtua dan anak. Meski orangtua dan anak dapat terhubungan dengan baik melalui smartphone, tapi ini tidak akan seefektif jika dilakukan secara langsung. Karena anak-anak masih dalam masa pertumbuhan, dan Anda perlu untuk membangun hubungan dengan mereka. Jangan biarkan smartphone memisahkan Anda dengan anak-anak Anda.

Menyebabkan mereka kurang tidur

Menurut penelitian, smartphone dapat membuat anak kurang tidur karena mereka umumnya menjadi tidur larut malam hingga menyebabkan membuat mereka kelelahan. Anak Anda perlu cukup tidur dan otaknya juga perlu beristirahat untuk berkegiatan di hari berikutnya. Namun, smartphone pasti tidak akan membantunya mencapai itu.

Menghambat kemampuan mereka untuk belajar

Menurut penelitian, smartphone merugikan pembangunan sosial-ekonomi anak karena mengalihkan perhatian anak. Penggunaan waktu layar interaktif pada perangkat tersebut juga bisa merusak dan mematikan perkembangan anak dari keterampilan yang diperlukan.

Menyebabkan kecanduan

Smartphone juga bisa membuat anak menjadi ketergantungan bahkan menjadi kecanduan. Hal ini tentu sangat membahayakan terhadap perkembangan anak.

Berdampak negatif pada kesehatan mental anak

Menurut para ahli, penggunaan smartphone merupakan salah satu penyebab depresi dan anoreksia pada anak-anak. Melalui smartphone, mental anak akan diganggu. Terlebih, kurangnya pengawasan dari orangtua sehingga berdampak buruk bagi mental anak.

Secara tidak langsung dapat menyebabkan obesitas

Terlalu banyak menghabiskan waktu pada smartphone juga mempengaruhi kesehatan fisik anak-anak Anda. Bahkan ini bisa menjadi faktor dari risiko obesitas.

Menyebabkan masalah perilaku

Telalu lama menghabiskan waktu di depan smartphone dapat menyebabkan masalah emosional dan gangguan sosial pada anak. Hal ini karena mereka terlalu fokus pada game atau aplikasi lainnya sehingga mereka menjadi kurang perhatian. Jadi sebagai orangtua, pastikan Anda memperhatikan anak Anda.

Mendekatkan anak dari kekerasan

Melalui smartphone, anak-anak bisa saja terkena kekerasan, baik elalui game atau cyberbullying di situs chat. Ketika mereka bermain game mengandung kekerasan, ini akan mengajarkan mereka bahwa perilaku kekerasan adalah salah satu cara untuk memecahkan masalah. (Ningtriasih/Lifehack)


(LOV)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /