Tips Agar Kaki tak Lecet Saat Pakai Sepatu Baru

Torie Natalova    •    12 Juni 2015 12:40 WIB
gaya
Tips Agar Kaki tak Lecet Saat Pakai Sepatu Baru
Untuk mengurangi sakit biasanya memakai plester. (Foto:theneeds.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Para wanita pasti sering membeli sepatu baru karena bentuknya yang lucu ataupun karena sedang diskon. Terkadang, saat memakai sepatu baru untuk pertama kali kaki Anda sering lecet atau terluka terutama di bagian belakang dan jari kaki sehingga Anda terpaksa menempelkan plester pada kaki yang sakit.

Berikut ini ada beberapa cara agar sepatu baru Anda tidak menyakiti kaki, mulai dari sepatu hak tinggi hingga sepatu olahraga atau sneakers.

1. Pastikan ukurannya
Ini adalah hal yang pasti dilakukan setiap orang yang membeli sepatu, mencari ukuran yang pas dengan kakinya. Jangan memaksa untuk membeli sepatu tersebut karena bentuknya namun ukurannya tidak sesuai dengan ukuran kaki Anda. Terkadang, banyak wanita membeli sepatu dengan ukuran yang lain hanya karena sepatu dengan ukuran yang diinginkan tidak ada di toko tersebut.

2. Semprotkan antiperspirant
Ini dapat mencegah jari kaki melepuh akibat terkena gesekan sepatu. Antiperspirant bisa mengurangi keringat pada kaki. Gosok atau semprotkan antiperspirant ke seluruh kaki, biarkan kering kemudian pakai sepatu Anda.

3. Mencobanya sebelum pergi
Cobalah untuk mengenakan sepatu baru Anda di sekitar rumah dan rasakan di bagian mana ia membuat kaki Anda sakit. Setelah mengetahui dimana letak potensi sakit pada kaki (setelah mencoba 30 menit), Anda dapat ikuti dua langkah selanjutnya seperti di bawah ini.

4. Memakai pelicin
Pelicin membantu mengurangi gesekan sehingga tidak ada lagi lecet pada kaki. Bukan sembarang pelicin, toko sepatu biasanya menjual stik yang berisi pelicin dengan bentuk seperti deodorant untuk kaki sehingga tidak membuat kaki lecet karena gesekan dari kulit sepatu yang keras.

5. Menambah lapisan
Cobalah untuk menambah lapisan dalam sepatu Anda atau mungkin kaki Anda. Lapisan tambahan pada sepatu menghindari gesekan langsung dengan kulit kaki yang bisa membuat kaki lecet. (Womenshealthmag)


(LOV)