Review Motherboard

ASUS A88X-GAMER, Spesial untuk Gamer dan Overclocker

Riandanu Madi Utomo    •    14 Juni 2015 10:58 WIB
review gadget
ASUS A88X-GAMER, Spesial untuk Gamer dan Overclocker
ASUS A88X-GAMER cocok untuk para gamer yang juga ingin meng-overclock PC-nya

Metrotvnews.com: Sebagai salah satu platform di PC, AMD tentunya memiliki jajaran motherboard yang diproduksi oleh berbagai merek, tak terkecuali ASUS. ASUS memang memiliki berbagai tipe motherboard untuk platform AMD, mulai dari kelas menengah hingga kelas atas. Salah satu motherboard AMD kelas atasnya adalah ASUS A88X-GAMER.

Desain "Kubu Merah"

Sesuai dengan namanya, ASUS A88X-GAMER adalah motherboard platform AMD yang diciptakan khusus untuk kebutuhan gaming. Motherboard ini menggunakan socket FM2+ yang telah mendukung jajaran prosesor terkini dari AMD, seperti AMD Kaveri A10-7850K yang kami gunakan untuk mengujinya. 



Secara desain, motherboard ini memang cocok dibilang sebagai motherboard AMD sejati. Ia memiliki bodi dengan kombinasi warna hitam-merah dan sangat melambangkan AMD yang seringkali disebut dengan "kubu merah". Bagian warna merah tersebut ditonjolkan dari heatsink yang mengelilingi CPU dan yang bertengger di atas chipset.

Untuk menunjang kebutuhan gaming, ASUS menyematkan berbagai ftur yang memungkinkan gamer untuk memaksimalkan penggunaan komponennya, terutama kartu grafis. ASUS A88X-GAMER telah mendukung untuk penggunaan kartu grafis ganda melalui interface PCI Express 3.0-nya. Penggunaan hingga dua kartu grafis tentunya memungkinkan game menjadi berjalan lebih mulus ketimbang hanya menggunakan satu kartu grafis saja (dengan asumsi jenis dan tipe kartu grafis adalah sama).

`

Selain mampu menopang dua kartu grafis, motherboard ini juga memiliki fitur unggulan lain, seperti penggunaan RAM dual channel, penggunaan teknologi audio SupremeFX, hingga fitur overclock yang diperuntukan bagi mereka yang tidak puas dengan performa PC-nya.

Fitur Overclock Lengkap

Fitur overclock yang disediakan di motherboard ini pun cukup lengkap. Tidak hanya untuk overcloker yang sudah sangat ahli, mereka yang masih pemula pun dapat melakukan overclocking dengan mudah melalui fitur AI Tweaker-nya. Karena motherboard ini juga dirancang untuk kebutuhan overclocking, ASUS juga menyematkan komponen dengan tingkat durabilitas tinggi, seperti penggunaan 10k black metallic capacitors, serta menyematkan berbagai fitur pengaman seperti DRAM overcurrent protection.



Untuk performanya, ASUS A88X-GAMER terbilang memiliki performa yang cukup bagus. Ia berhasil meraih skor sebesar 2481 pada pengujian PC Mark dan mampu meringkas data berukuran satu 1 GB ke dalam format .rar dalam waktu 43 detik. Anda bisa melihat hasil screenshot PCMark di bawah ini.



Kesimpulan

ASUS A88X-GAMER merupakan salah satu motherboard AMD terbaik dari ASUS. Untuk kategori motherboard AMD, harganya memang cukup tinggi, tetapi dengan harga tersebut Anda akan medapatkan berbagai fitur khusus yang patut dipertimbangkan. Selain itu, kehadiran fitur overclocking yang lengkap pada ASUS A88X-GAMER juga membuat motherboard ini cocok untuk para pecinta overclocker.

  ASUS A88X-GAMER
CPU AMD Socket FM2+
Chipset AMD A88X (Bolton D4)
RAM DDR3 up to 64GB
Onboard Graphics AMD Radeon R/8000/7000 Series
Multi VGA AMD CrossFireX
Form Factor ATX
Fitur Khusus Gamer's Guardian, ASUS EPU, Interactive HomeCloud, ASUS EZ DIY
Harga Rp1.950.000
 



(ABE)

Video /