Mensos Jelaskan Prosedur Adopsi Anak

Agus Josiandi    •    15 Juni 2015 12:16 WIB
penemuan jenazah angeline
Mensos Jelaskan Prosedur Adopsi Anak
Foto: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat wawancara dengan Media Indonesia, Jakarta, Rabu (13/5/2015)/MI_Panca Syurkan

Metrotvnews.com, Pamekasan: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan akan memperketat prosedur adopsi anak. Dinas Sosial di daerah akan mengunjungi rumah (home visit) pemohon adopsi anak.

Kebijakan Mensos ini terkait kasus pembunuhan bocah 8 tahun, Angeline, di rumah ibu angkatnya di Jalan Sedap Malam Nomor 26, Sanur, Denpasar, Bali. Kemensos akan membentuk tim Pertimbangan Izin Pengangkatan Anak (PIPA).

"Kalau memang ada permohonan, maka pihak Dinsos maupun pihak Kemensos akan membentuk tim untuk home visit. Home visit paling tidak dua kali oleh pekerja sosial," kata Khofifah usai menghadiri pertemuan Nahdlatul Ulama (NU) di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Minggu (14/6/2015).

Khofifah mengatakan usai mengunjungi rumah pemohon, petugas Dinas Sosial akan melaporkan ke PIPA. Kunjugan kedua akan dilakukan setelah enam bulan anak diadopsi. Apabila memenuhi syarat dan prilaku orang tua angkat cukup baik, selanjutkan berkas pengajuan adopsi anak disidangkan di pengadilan setempat.

Prosedur ini, kata Khofifah, berlaku kepada pemohon adopsi anak baik warga negara Indonesia (WNI) maupun warga negara asing (WNA).


(TTD)


Nostalgia Kiper Klub Liga Inggris di Piala AFF 2018
Piala AFF 2018

Nostalgia Kiper Klub Liga Inggris di Piala AFF 2018

11 minutes Ago

Kembalinya Etheridge ke Piala AFF ditandai dengan hasil positif. Filipina berhasil meraih kemen…

BERITA LAINNYA
Video /