Lintasi Perbatasan Berbahaya, Tentara Korut Membelot ke Korsel

Willy Haryono    •    15 Juni 2015 12:57 WIB
perang korea
Lintasi Perbatasan Berbahaya, Tentara Korut Membelot ke Korsel
Sekelompok tentara Korsel melihat ke arah zona DMZ dan Korut, 20 Mei 2015. AFP / ED JONES

 Metrotvnews.com, Seoul: Seorang tentara Korea Utara menyeberang ke Korea Selatan dalam sebuah aksi pembelotan yang jarang terjadi, karena dirinya langsung melintasi perbatasan paling ketat di dunia. 

Selama ini, biasanya pembelot dari Korut bergerak menuju Korsel dengan terlebih dahulu memasuki Tiongkok. Mereka takut menjadi sasaran tembak jika langsung mendekati perbatasan Korut-Korsel. 

Prajurit yang membelot kali ini adalah seorang remaja. Ia menyerahkan dirinya ke penjaga perbatasan Korsel pada Senin (15/6/2015), sekitar pukul 08.00 pagi waktu setempat. 

"Kami telah mengonfirmasi keinginannya untuk membelot setelah dia mencapai pos penjagaan," ucap juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel kepada AFP

Saat ini tentara remaja itu masih diinterogasi petugas. Kemenhan Korsel berjanji memberikan detail lebih lanjut dalam waktu dekat. 

Menurut laporan kantor berita Yonhap, pembelotan terbaru ini meningkatkan ketegangan antara penjaga perbatasan Korsel dan Korut di zona DMZ. Kendati begitu, tidak terjadi konflik apapun. 

Pada 2012, seorang tentara Korut berhasil melewati perbatasan berkawat besi yang dilengkapi tegangan listrik dan kamera pengawas. Atas insiden ini, Korsel memecat tiga komandan lapangannya. 

Agustus tahun lalu, dua prajurit Korut berenang melintasi Laut Kuning untuk menuju pulau terluar Korsel.



(WIL)