Balap Motor

Tak Pakai Seamless Gearbox, Penyebab Suzuki Kalah di Catalunya

Ainto Harry Budiawan    •    16 Juni 2015 08:55 WIB
motogp
Tak Pakai <i>Seamless Gearbox</i>, Penyebab Suzuki Kalah di Catalunya
Kelemahan tunggangan Suzuki Ecstar MotoGP karena belum terpasang seamless gearbox. Vroom Magazine

Metrotvnews.com: Hasil gemilang diraih tim Suzuki Ecstar MotoGP pada seri Catalunya, Spanyol hari Minggu, 14 Juni kemarin. Dua rider utamanya berhasil jadi yang tercepat pada babak kualifikasi, meski pada saat race hanya Maverick Vinales yang berhasil finish di posisi keenam.

Satoru Terada, sebagai Project Leader Suzuki Ecstar mengatakan balapan minggu ini sangat positif bagi Kami. Tentu Saya memohon maaf atas kejadian yang menimpa Aleix, akan tetapi kami harus paham ketika Ia terjatuh, Ia berada di posisi ke-4 dan bertarung di posisi yang sama dengan pembalap kelas pabrikan lainnya.

"Hal ini menjadi bukti bahwa Kami telah membuat kemajuan besar, dan hasil luar biasa di sesi kualifikasi turut menegaskan hal tersebut. Begitu pula dengan Vinales yang memperoleh hasil balap yang positif di posisi keenam, meningkatkan hasil terbaik selama ini. Ia juga terbukti sangat cepat di setiap lap sekaligus konsisten dalam catatan waktu," katanya. 

Posisi start terdepan langsung hilang begitu lampu start padam, akselerasi Suzuki GSX-RR masih kurang responsif jika dibandingkan tunggangan lain. Lihat saja posisi Maverick Vinales dan Aleix Espargaro langsung merosot jelang tikungan pertama.

"Saya memperoleh awal start yang sangat baik, namun kurang cepat di akselerasi. Ketika memindahkan transmisi ke gigi-2, Saya mulai kehilangan posisi karena metode perpindahan transmisi masih kalah dari motor tim manufaktur lainnya. Sehingga kami ," ungkap Aleix.

Seamless gearbox sendiri memiliki keunggulan dibandingkan transmisi biasa. Salah satunya adalah proses perpindahan transmisi yang berlangsung lebih cepat, sehingga menambah akselerasi sepeda motor.


(UDA)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

1 day Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /