Mencari Smartphone yang Tepat untuk Pemula

   •    15 Juni 2015 19:00 WIB
huawei
Mencari Smartphone yang Tepat untuk Pemula
Tampilan dari Huawei Y3.

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu kendala orang yang baru saja beralih dari feature phone ke smartphone adalah memahami antarmuka atau User Interface. Antarmuka smartphone jauh lebih rumit dari feature phone dan tak jarang membingungkan pengguna pemula.

Karena itu, beberapa vendor telah berupaya mengatasi masalah ini dengan membuat antarmuka sederhana, mudah dipahami pengguna baru sekalipun. Huawei, misalnya, ketika memperkenalkan Huawei Batik Y3, smartphone dengan teknologi Ultra Fast Snapshot pertama di Indonesia, pekan lalu, menghadirkan antarmuka yang tak membingungkan.

Mereka menyediakan 2 jenis tampilan untuk Y3. Pertama, tampilan Simple, yang, seperti namanya, membuat Y3 tampil sangat sederhana. Pada tampilan ini, kotak Tile dan ukuran Font pada Y3 menjadi lebih besar, sehingga memudahkan pengguna awal untuk mengerti bagaimana cara menggunakan ponsel ini.



Pada tampilan Simple, aplikasi yang ada pada halaman utama juga terbatas. Dengan begitu, para pengguna pemula akan dapat menyesuaikan diri dengan lebih mudah. Mereka dapat membiasakan diri untuk menggunakan beberapa aplikasi yang paling sering digunakan para pengguna smartphone. Aplikasi itu, misalnya, Kamera, Browser dan Gallery. Anda juga dapat dengan mudah mengakses aplikasi lain melalui pilihan Others.

Sementara tampilan yang kedua adalah tampilan Standard. Pada tampilan ini, Anda akan melihat UI yang lebih lengkap. Y3 tidak memiliki Drawer aplikasi, sehingga saat Anda berada pada layar utama, Anda dapat melakukan Swipe untuk segera mengakses aplikasi-aplikasi lain yang ada.



Jika Anda tidak ingin layar terlihat terlalu penuh dengan aplikasi, Anda dapat mengelompokkan aplikasi ke dalam folder. Untuk melakukan hal ini, Anda cukup mendekatkan satu aplikasi dengan aplikasi lain yang ingin Anda masukkan ke dalam satu folder dan folder akan secara otomatis terbentuk.

Huawei juga sudah melengkapi Y3 dengan fitur Quick Access. Dengan fitur ini, Anda dapat dengan cepat membuka 3 aplikasi, bahkan saat ponsel berada dalam keadaan terkunci. Ketiga aplikasi ini adalah Kalender, Kalkulator dan Senter. Untuk mendapatkan akses ke ketiga aplikasi ini, Anda cukup menekan tombol Power dan melakukan swipe ke atas untuk menampilkan lambang dari ketiga aplikasi tersebut.

Dengan harga yang sangat terjangkau, hanya Rp799.000, Huawei sudah menanamkan OS Android KitKat pada ponsel ini. Anda bisa mendapatkannya melalui Blibli.com. (ADV)


(ABE)