Basket SEA Games 2015

Kalah Kelas, Basket Putra Takluk dari Filipina di Final

Rizki Yanuardi    •    15 Juni 2015 21:42 WIB
sea games 2015
Kalah Kelas, Basket Putra Takluk dari Filipina di Final
Mario Wuysang dkk (kanan) (Dok: AFP/MOHD FYROL)

Metrotvnews.com, Singapura: Harus diakui tim basket Filipina memang di atas Indonesia. Buktinya, tim nasional basket putra Indonesia kembali gagal mengalahkan kekuatan basket Asia Tenggara itu. Kali ini terjadi di partai puncak cabang bola basket SEA Games 2015 Singapura di OCBC Arena Hall 1, Senin 15 Juni 2015. Filipina menaklukkan Indonesia dengan angka 72-64 

Dengan demikian anak asuhan Fictor Gideon Roring gagal membalas kekalahan di babak penyisihan Grup A. Kala itu, Mario Wuysang dan kawan-kawan juga kalah dari Filipina dengan skornya cukup jauh, 52-81. 

Dominasi Filipina terjadi di kuarter 1 dan 2. Dipimpin forward Rey Mark Belo yang menjadi pencetak angka terbanyak, anak-anak Filipina langsung tancap gas di kuarter pertama. Belo cs sukses menutup kuarter pertama dengan keunggulan 3,5 bola, yaitu 22-15.

Di kuarter kedua, dominasi Filipina berlanjut. Indonesia hanya mampu menambah 11 angka, sementara lawan mencetak 17 angka. Kuarter ini pun ditutup dengan skor 39-26, masih untuk keunggulan Filipina.

Duel seru baru terjadi di kuarter ketiga. Mario dkk sukses mencetak angka lebih banyak, yaitu 21 angka. Hanya saja Filipina masih bisa mencetak 19 angka, sehingga hasil kuarter ketiga Filipina masih unggul 58-47.

Di kuarter terakhir, Indonesia berupaya bermain menyerang dan melakukan defense saat kehilangan bola. Sayang, meski mencetak 17 angka, Filipina yang sepanjang sejarah SEA Games sudah juara sebanyak 17 kali itu, sukses menambah 14 angka, di mana 10 angka diperoleh dari tembakan bebas.

Filipina pun sukses mempertahankan medali emasnya usai mengalahkan Indonesia dengan skor akhir 72-64. Pencetak angka tertinggi di partai final diraih Rey Mark Belo dengan 22 angka. Sementara dari Indonesia, pencetak angka tertinggi diraih Sandy Kurniawan dengan 16 angka.

Indonesia di cabang bola basket SEA Games tergabung di Grup A. Pada laga penyisihan grup, timnas basket putra membabat Timor Leste 135-21, kalah dari Filipina 52-81, dan membungkam musuh bebuyutan Malaysia 67-59 untuk lolos ke semifinal. Di semifinal, Mario dkk sukses mengalahkan tuan rumah Singapura dengan skor 87-74.


(RIZ)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

9 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /