Demokrat Lempar 'Bola Panas' Dana Aspirasi ke Pemerintah

Surya Perkasa    •    16 Juni 2015 02:05 WIB
dpr
Demokrat Lempar 'Bola Panas' Dana Aspirasi ke Pemerintah
Edhy Baskoro Yudhoyono saat konferensi pers. (Foto: MTVN/Surya Perkasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Setelah Partai NasDem menyatakan sikap menolak dana aspirasi, Partai Demokrat ikut buka suara terhadap anggaran yang kini banyak disorot publik. Namun berbeda dengan NasDem, Demokrat justru melempar 'bola panas' dana aspirasi ke pemerintah.

"Sikap Partai Demokrat saat ini adalah meminta pemerintah memberikan penjelasan posisinya dalam masalah ini, di hadapan fakta obyektif kelesuan ekonomi dan menurunnya daya beli rakyat yang membutuhkan prioritas kebijakan pemerintah," kata Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhy 'Ibas' Baskoro Yudhoyono, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (15/6/2015).

Menurut dia, pemerintah harus mampu menjelaskan alasan menganggarkan pagu sebesar Rp11,2 triliun pada APBN 2016. Setelah pemerintah mampu menjelaskan, barulah Demokrat menyatakan sikapnya.

Ibas menjelaskan, Demokrat sudah sedari tahun 2010 menolak dana aspirasi. Pada saat itu, Demokrat menolak karena beberapa alasan. "Ada empat pertanyaan yang harus dijawab," kata Ibas.

Pertama, terang Ibas, skema penganggaran agar sistem anggaran negara dan daerah tidak berbenturan menjadi poin pertama yang harus dijawab terlebih dahulu oleh pemerintah. Rencana yang menjadi permasalahan di 2010 dalam usulan dana aspirasi Rp20 miliar kali ini harus dijawab pemerintah.

Selanjutnya, hal kedua yang harus dijelaskan adalah jaminan pemerintah. Apakah pemerintah dapat memastikan anggaran tersebut tidak timpang tindih dengan penganggaran yang disiapkan oleh DPRD tingkat I dan tingkat II.

"Kalau anggota DPR dapat menentukan sendiri proyek dan anggarannya, tidakkah ini mengakibatkan kekaburan fungsi eksekutif dan legislatif?" jelas mantan Sekjen Demokrat tersebut.

Poin terakhir yang harus dijelaskan adalah fungsi pengawasan agar dana tersebut tidak disalahgunakan. Demokrat menilai, pemerintah harus menyatakan sikap dan memberi penjelasan terkait polemik dana aspirasi ini.

 


(OGI)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /