10 Tanda Anda Kurang Minum Air Putih

   •    16 Juni 2015 10:17 WIB
kesehatanair minum
10 Tanda Anda Kurang Minum Air Putih
Minum air putih yang cukup dalam sehari. (Foto:popsugar.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidak ada hal yang lebih menyegarkan selain air dingin. Tidak ada orang yang menyangkal bahwa terkadang segelas air dapat lebih memuaskan daripada secangkir kopi ataupun sekaleng soda. 

Meskipun demikian, terlalu banyak dari kita tidak minum cukup air setiap harinya. Seperti yang diketahui, kurang air dapat menyebabkan turunnya konsentrasi dan tidak baik untuk kesehatan. Yuk, kenali lebih dalam, apakah Anda sudah minum cukup air atau belum.

1. Mulut Anda kering

Air minum melumasi selaput lendir di mulut dan tenggorokan, yang akan terus membuat mulut Anda basah dengan air liur setelah dalam tegukan pertama. Jadi, jika Anda merasa mulut Anda kering, berarti Anda kurang minum.

2. Kulit Anda kering

Kulit merupakan organ terbesar tubuh Anda, jadi tentu saja perlu untuk tetap terhidrasi. Bahkan, kulit kering menjadi salah satu tanda-tanda awal dehidrasi penuh yang dapat menyebabkan masalah yang jauh lebih besar.

Kurangnya air berarti kurangnya keringat, yang menyebabkan tubuh tidak mampu untuk membersihkan kotoran dan minyak berlebih yang terakumulasi sepanjang hari. Jika Anda ingin mencegah jerawat, jalan pertama Anda harus minum lebih banyak air.

3. Anda terlalu haus

Meskipun Anda merasa mulut Anda sudah tidak kering, tetapi Anda tetap merasa haus, itu tandanya Anda harus minum kembali. Bukannya apa, tubuh Anda akan memberitahu Anda apa yang dia butuhkan.

4. Mata Anda kering

Sekarang harus jelas bahwa air minum mempengaruhi lebih dari sekedar mulut dan tenggorokan. Kurangnya asupan air menyebabkan kering, mata merah. Tanpa air dalam tubuh, saluran air mata Anda mengering. 

5.  Sakit tulang

Tulang rawan dan tulang belakang cakram terdiri dari sekitar 80 persen air. Ini merupakan kebutuhan mutlak untuk menjaga tulang  dari bergesekan satu sama lain dengan setiap langkah yang kita ambil. Dengan menjaga tubuh Anda dehidrasi, Anda memastikan bahwa sendi Anda dapat menyerap kejutan dari gerakan tiba-tiba, seperti berlari, melompat, atau terjatuh.

6. Anda akan mendapatkan masalah kesehatan

Minum air memungkinkan tubuh Anda untuk terus menghancurkan racun. Organ Anda bekerja untuk menyaring produk limbah tertentu seperti mesin, tetapi jika 'mesin' tersebut tidak Anda isi dengan air maka tidak akan bekerja dengan baik. Akhirnya menyebabkan tubuh dehidrasi dan meminjam darah sebagai penggantinya, tentu saja ini akan membuat masalah kesehatan untuk Anda.

7. Anda merasa lelah dan lesu

Tentu saja, kekurangan air bisa menyebabkan kantuk dan kelelahan secara langsung. Yang bisa membuat Anda merasa lelah dan lesu sepanjang hari.

8. Pencernaan Anda bermasalah

Hal ini juga berlaku untuk seluruh sistem pencernaan. Tanpa hidrasi yang tepat, jumlah dan kekuatan lendir di lambung mengurangi, memungkinkan asam lambung untuk melakukan beberapa kerusakan besar untuk perut Anda. Hal ini menyebabkan apa yang sering kita sebut sebagai mulas dan gangguan pencernaan.

9. Membuat penuaan dini

Jumlah air tubuh kita mempertahankan bentuk alami seiring dengan bertambahnya usia. Jelas, ini berarti bahwa, seiring bertambahnya usia, kita sadar harus meningkatkan asupan air kita. Sementara penuaan dini lebih jelas terjadi karena kurangnya asupan air dari waktu ke waktu. Untuk mengurangi risiko penuaan dini, sangat penting untuk terus minum air sepanjang hidup Anda.

10. Mengurangi buang air kecil

Percaya atau tidak, jika Anda tidak melakukan perjalanan ke kamar kecil 4-7 kali sehari, Anda mungkin tidak minum cukup air.  Jika warna air kencing Anda gelap kuning, tubuh Anda memberitahu Anda itu kurang hidrasi. Dalam kasus ekstrim, dehidrasi dapat menyebabkan infeksi saluran kemih, dalam hal ini Anda harus berkonsultasi dengan dokter segera. (Sumarni/Lifehack)


(LOV)

Mourinho Kagumi Bek Benfica
Liga Champions 2017--2018

Mourinho Kagumi Bek Benfica

2 hours Ago

Kesetiaan Luisao membuat pelatih Manchester United Jose Mourinho kagum. Ia memuji penampilan be…

BERITA LAINNYA
Video /