Terkait Pelayanan TransJakarta, Penumpang: Murah Jangan Murahan

Intan fauzi    •    16 Juni 2015 16:11 WIB
transjakarta
Terkait Pelayanan TransJakarta, Penumpang: Murah Jangan Murahan
Penumpang menunggu bus TransJakarta. (foto: MI/Galih Pradipta)

Metrotvnews.com, Jakarta: TransJakarta masih menjadi primadona warga karena tarifnya sangat murah. Namun pelayanan yang diberikan semakin menurun, penumpang harus menunggu bus hingga satu jam.
 
Berdasarakan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang dimiliki PT TransJakarta, headway (jarak antarbus) hanya 3-5 menit pada jam sibuk dan 5-7 menit pada jam tidak sibuk. Sedangkan masa tunggu maksimal tujuh menit pada jam sibuk dan 10 menit pada jam tidak sibuk.
 
“Kalau di Harmoni (koridor 8) jam pulang kerja antreannya suka panjang. Kadang nunggu setengah jam sampai sejam. Sudah pegal nunggu, enggak dapat tempat duduk juga,” keluh salah seorang penumpang TransJakarta, Haryati, 28, kepada Metrotvnews.com di Halte Harmoni, Jakarta Pusat, Senin (15/6/2015).
 
Hal yang sama dirasakan mahasiswa Trisakti, Adrian. “Pernah waktu itu saya mau naik Harmoni-Lebak Bulus, nunggu sampai satu jam lebih. Alasan dari pegawainya sih kalau Harmoni-Lebak Bulus jalurnya macet terus trayeknya panjang. Murah harusnya jangan murahan,” kata Adrian.
 
Seperti diketahui, bus TransJakarta mengalami penurunan penumpang. Pada periode Januari-April 2014, jumlah penumpang busway mencapai 37.311.150 orang dengan kilometer tempuh 12.345.848, sedangkan periode yang sama pada 2015 total penumpang sebanyak 34.154.686 dengan jumlah kilometer 10.723.144.


(FZN)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

1 day Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /