Genjot Ekspor Demi Peningkatan Produk Berbahan Baku Lokal

Eko Nordiansyah    •    16 Juni 2015 16:31 WIB
ekspor
Genjot Ekspor Demi Peningkatan Produk Berbahan Baku Lokal
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Fanny Octavianus

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel akan mendorong produksi barang yang memiliki bahan baku di dalam negeri untuk meningkatkan kinerja ekspor. Selain itu, dirinya juga akan fokus pada industri yang mampu menyerap tenaga kerja lebih besar.

"Salah satu yang akan saya dorong (dalam meningkatkan ekspor) adalah produk-produk yang berbahan baku dalam negeri, dan penyerapan lapangan kerja besar," ujarnya di Kantor Kementerian Perdagangan, Jalan MI Ridwan Rais, Jakarta Pusat, Selasa (16/6/2015).

Dirinya menambahkan, selain minyak kelapa sawit (CPO), produk yang perlu ditingkatkan adalah industri mebel dan handycraft. Sebab bahan baku yang tersedia untuk produk tersebut banyak tersedia di dalam negeri. "Itu kan praktis bahan baku (tersedia) dalam negeri," lanjut dia.

Menurut dia, untuk urusan ekspor produk mebel, Indonesia masih kalah jauh jika dibandingkan dengan Vietnam. Bahkan, Vietnam mampu mencatatkan ekspor produk mebelnya mencapai USD5,1 miliar, sementara Indonesia hanya sekira USD1,7 miliar saja.

Oleh karena itu, perlu analisis dalam menentukan produk apa saja yang bisa meningkatkan ekspor Indonesia. Bahkan, untuk mebel saja, dirinya meyakini dengan kenaikan USD1 miliar untuk mebel, akan mampu penyerapan tenaga kerja hingga 100 ribu orang.

"Ini memang kita analisis semua produk apa saja. Di samping nanti produk makanan minuman yang akan kita dorong ke luar negeri. Produk tekstil pasti masih, alas kaki juga demikian," pungkasnya.


(AHL)


Jelang Hadapi Liverpool, Pelatih Kecewa dengan Performa Roma
AS Roma vs Genoa

Jelang Hadapi Liverpool, Pelatih Kecewa dengan Performa Roma

2 days Ago

Eusebio kesal karena para pemain Roma kerap terlena saat sudah berada dalam posisi unggul.…

BERITA LAINNYA
Video /