Minyak Goreng yang Aman Bagi Kesehatan

   •    16 Juni 2015 17:18 WIB
minyak gorengkuliner
Minyak Goreng yang Aman Bagi Kesehatan
Memilih minyak goreng yang sehat. (Foto:draxe.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi Anda yang hobi memasak terutama masakan yang digoreng atau ditumis, minyak goreng tentu menjadi bahan yang cukup penting dan wajib ada di dapur Anda. Masalahnya, banyak orang terkadang bingung ketika harus memilih minyak goreng yang sehat.

Ya, memilih minyak goreng yang sehat tentu penting sehingga Anda tidak was-was terhadap kolesterol Anda. Lalu, minyak goreng apa saja yang aman bagi Anda?

Minyak kacang tanah
Minyak kacang tanah dianggap sehat karena mengandung lemak tak jenuh yang artinya bisa membantu menurunkan kolesterol Anda. Minyak ini juga merupakan sumber yang baik dari vitamin E yang bertindak sebagai anti-oksidan yang berguna untuk melindungi kulit dari jerawat dan bekas luka.

Minyak canola
Minyak canola termasuk minyak yang cukup ideal bagi Anda untuk menggoreng, menumis atau memanggang. Minyak ini juga sumber yang baik dari Omega 3, 6 dan 9 serta asam lemak yang membantu dalam menjaga kadar kolesterol.

Minyak bunga matahari
Minyak ini dianggap sehat lantaran mengandung lemak tak jenuh. Meski rasanya ringan, minyak bunga matahari tidak mengalahkan rasa dari bahan-bahan lainnya. Kandungan omega-6 dan vitamin E yang bertindak sebagai anti-oksidan akan membantu sel-sel tubuh dalam mempertahankan air.

Minyak mustard
Minyak yang umumnya digunakan untuk memasak hidangan aromatik atau diaplikasikan pada tubuh ini juga merupakan minyak yang cukup ideal untuk menggoreng. Minyak ini juga bisa digunakan sebagai stimulan untuk membantu pencernaan dan sirkulasi. Karena bersifat antibakteri, minyak ini dapat membantu melindungi kulit.

Minyak zaitun
Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal seperti omega 3. Itulah mengapa minyak ini bersifat anti-inflamasi. Vitamin, mineral dan protein dalam minyak ini juga dapat digunakan untuk aplikasi pada rambut dan kulit perawatan. Minyak zaitun juga membantu dalam penyerapan kalsium dan menurunkan kolesterol. (Ningtriasih/Timesofindia)


(LOV)