Keluarga WNI Korban Hilangnya Tanker Malaysia Datangi Kuala Lumpur

Fajar Nugraha    •    16 Juni 2015 17:22 WIB
orkim harmony
Keluarga WNI Korban Hilangnya Tanker Malaysia Datangi Kuala Lumpur
Kapal tanker Orkim Harmony yang hilang (Foto: The Star)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Insiden hilangnya kapal tanker Orkim Harmony di Malaysia, membuat lima orang warga negara Indonesia (WNI) jadi korban. Keluarga pun akan tiba di Kuala Lumpur malam ini.
 
Menurut Wakil Dubes Indonesia untuk Malaysia Hermono, kapal itu sejak 11 Juni 2015 malam waktu setempat. Tapi hingga saat ini belum ada kabar dan kapal pun masih dicari
 
"Semua (ABK) laki-laki. Keluarga sudah diberi tahu semua. Nanti malam (16 Juni 2015) perwakilan dua keluarga akan sampai di Kuala Lumpur," ujar Hermono, saat dihubungi Metrotvnews.com, Selasa (16/6/2015).
 
Hermono juga menambahkan bahwa Pemerintah Indonesia bekerja sama penuh dengan pihak Malaysia, untuk melakukan pencarian.
 
"Sejak 12 (Juni 2015) kita sudah kerahkan KRI Teuku Umar untuk bantu cari. Juga sudah ada koordinasi dengan Bakamla," lanjut Hermono.
 
Hingga saat ini, proses pencarian kapal Orkim Harmony melibatkan dua kapal besar dan satu kapal kecil milik Malaysian Maritime Enforcement Agency (MMEA). Sementara Angkatan Laut Malaysia membantu pencarian dengan menyertakan kapal perang KR Laksamana Tan Pusmah dan KD Ganyang.
 
Sementara menurut Direktur Operasi MMEA wilayah selatan, Laksamana Ibrahim Mohamed mengatakan wilayah pencarian saat ini mencapai 20 ribu kilometer per segi. Wilayah pencarian dimulai dari Tanjung Penawar di Kota Tinggi hingga Mersing dan wilayah sekitar Singapura dan Indonesia.
 
Kapal tanker MT Orkim Harmony membawa 6.000 metrik ton bahan bakar RON95. Kapal dilaporkan hilang dekat Johor tidak jauh dari Laut China Selatan pada 11 Juni 2015.
 
Kapal berbendera Malaysia itu berlayar dengan 22 kru dari tiga negara. Awak kapal terdiri dari 16 warga Malaysia, lima WNI dan seorang warga Myanmar.



(FJR)


Bungkam Malaysia, Vietnam Juara Piala AFF 2018
Leg II FInal PIala AFF 2018

Bungkam Malaysia, Vietnam Juara Piala AFF 2018

30 minutes Ago

Gelar itu diraih usai membungkan Malaysia 1-0 pada leg kedua babak final di My Dinh National St…

BERITA LAINNYA
Video /