PT Transjakarta Harus Contoh Sistem Commuter Line

Intan fauzi    •    16 Juni 2015 18:01 WIB
transjakarta
PT Transjakarta Harus Contoh Sistem Commuter Line
Penumpang menggunakan tiket elektronik . (Foto: Antara/Zabur Karuru)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Transjakarta diminta mencontoh pelayanan yang diterapkan Kereta Commuter Jabodetabek (KJC). TransJakarta dinilai masih memiliki masalah dengan sistem tiket dan waktu tunggu.
 
Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ), Ellen Tangkudung mengatakan, Kereta Api Commuter Line sukses mengatasi masalah tiket dan waktu tunggu.
 
Salah satu kekurangan pelayanan bus TransJakarta tak adanya sistem single trip seperti pada commuter line. “eTicketing ternyata tidak single trip seperti di kereta, orang yang tidak tiap hari menggunakan TransJakarta tetap harus beli tiket Rp40 ribu. Sebaiknya TransJakarta punya sistem tiket seperti kereta api,” kata Ellen kepada Metrotvnews.com di Kantor DTKJ, Jalan Suryopranoto, Jakarta Pusat, Senin (15/6/2015).
 
Hal serupa diungkapkan Ketua Institut Studi Transportasi, Darmaningtyas. Menurutnya, orang merasa dirugikan jika membayar Rp40 ribu, padahal tak tiap hari menggunakan bus TransJakarta.
 
“Misal dari luar kota atau kampung pergi ke Jakarta ingin liburan, harus bayar Rp40 ribu kan rugi juga. Kalau bisa seperti di kereta api, setelah keluar uang jaminan dikembalikan,” katanya.
 
Permasalahan lain yang dikeluhkan masyarakat adalah waktu tunggu bus TransJakarta. Meski penumpang harus menunggu, kepastian keberadaan perlu diketahui masyarakat yang menunggu di halte. “Setidaknya diinformasikan, busnya sudah sampai mana, kapan kira-kira datangnya,” ujarnya.
 
Seperti diketahui, pengguna bus TransJakarta mengalami penurunan. Pada periode Januari-April 2014, jumlah penumpang bus TransJakarta mencapai 37.311.150 orang dengan kilometer tempuh 12.345.848, sedangkan periode yang sama di 2015 total penumpang hanya 34.154.686 dengan jumlah kilometer 10.723.144.


(FZN)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

1 day Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /