Usulan Nama Sutiyoso Jadi Kepala BIN, DPR Masih Berat

Surya Perkasa    •    17 Juni 2015 05:23 WIB
dpr
Usulan Nama Sutiyoso Jadi Kepala BIN, DPR Masih Berat
Fadli Zon. Foto: Surya Perkasa/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi I DPR masih menunggu usulan Panglima TNI dan Kepala BIN diproses dalam Paripurna DPR. Namun Pimpinan DPR justru menyebutkan Paripurna tidak akan diselenggarakan minggu ini.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan pimpinan DPR sepakat untuk memanfaatkan waktu 20 hari yang diberi Undang-Undang. Alasannya, DPR ingin mendengar masukan dari masyarakat.

"Tadi kita Rapat Pimpinan. Kita putuskan untuk panglima TNI dan Kepala BIN, kita ingin serap aspirasi masyarakat dulu. Kita manfaatkan waktu maksimal 20 hari ini," kata Politikus Gerindra itu di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/6/2015).

Dia membantah jika DPR disebutkan menyandera proses usulan Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI dan Sutiyoso sebagai Kepala BIN.

Walau demikian Wakil Sekretaris Jenderal Gerindra itu mengakui pertimbangan nama Sutiyoso sedikit berat untuk dimuluskan.

"Kalau panglima TNI tidak ada masalah. Untuk kepala BIN agak lebih karena karena berlatar belakang parpol. Jadi mau terima masukan dari masyarakat dulu," pungkas dia.

Proses nama Panglima TNI dan KaBIN, kata Fadli, tidak perlu terburu-buru dibahas. Sebab masih ada waktu sebelum jabatan tersebut habis masa kerjanya.

Dia menjamin proses akan segera selesai sebelum DPR Reses pada 7 Juli mendatang. "Pasti selesai masa sidang ini," tegas dia.

Sebelumnya, Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq mengakui nama Panglima TNI dan Kepala BIN belum dapat diproses karena penugasan dari Badan Musyawarah (Bamus) belum keluar. Sebelum penugasan dari Bamus keluar, nama usulan dari Presiden Joko Widodo harus diparipurnakan terlebih dahulu.

Dalam rencana kerja Komisi I DPR, fit and proper test untuk kedua usulan nama pimpinan lembaga vital negara ini bisa dilakukan pada akhir Januari. Syaratnya, usulan segera diparipurnakan dan dibawa ke Bamus dalam pekan ini atau pekan depan.


(REN)


<i>Jersey</i> Prancis Masih Laris di Moskow

Jersey Prancis Masih Laris di Moskow

15 hours Ago

Perhelatan Piala Dunia 2018 Rusia telah usai, namun tidak membuat Kota Moskow sepi. Kawasan suv…

BERITA LAINNYA
Video /