Stok Darah Menipis, PMI Kota Bandung Buka Layanan 24 Jam

Roni Kurniawan    •    17 Juni 2015 17:12 WIB
donor darah
Stok Darah Menipis, PMI Kota Bandung Buka Layanan 24 Jam
Foto: Salah seorang pendonor mendonorkan darahnya/MTVN_Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung, Jawa Barat, akan melayani pendonor darah selama 24 jam selama Ramadan. Hal ini karena persediaan darah diprediksi cukup hanya 10 hari kedepan.

Sekretaris PMI Kota Bandung, Ace Kusnadi mengatakan saat ini ada 5.466 kantung darah. Setidaknya 500 kantung darah dibutuhkan per hari untuk penerima donor darah. Pihaknya akan mengantisipasi kebutuhan darah selama Ramadan. PMI Kota Bandung akan menggandeng sejumlah pihak untuk menjamin ketersediaan darah di Kota Bandung.

"Untuk memenuhi stok yang berkurang, selama bulan puasa nanti kami melayani 24 jam penuh. Selain itu, kami juga akan kerjasama dengan gereja, masjid, kesatuan TNI dan pihak lainnya," kata Ace saat ditemui di kantor PMI Kota Bandung, Jalan Aceh, Rabu (17/6/2015).

"Kami punya stok darah yang cukup untuk beberapa hari kedepan. Di antaranya 1.083 untuk golongan darah A, 1.779 untuk golongan darah B, 2.119 golongan darah O, dan 485 untuk golongan darah AB," ujarnya.

Ace mengatakan pihaknya akan melakukan jemput bola bagi masyarakat yang bersedia mendonorkan darahnya saat Ramadan. Di antaranya dengan berkeliling ke sejumlah masjid di Kota Bandung.

"Kami juga sudah ada jadwal rutin dengan beberapa masjid khusus Ramadan. Biasanya sesudah salat tarawih kami adakan donor darah. Tapi itu pun kalau pendonornya sekitar 50 orang, baru mobil unit bisa datang ke sana. Kalau kurang dari 50 orang mungkin mereka yang datang ke PMI untuk mendonorkan darahnya di sini," pungkasnya.

 


(TTD)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /