Infrastruktur Sektor Listrik Paling Memungkinkan

Gervin Nathaniel Purba    •    17 Juni 2015 17:49 WIB
infrastruktur
Infrastruktur Sektor Listrik Paling Memungkinkan
Ilustrasi listrik -- FOTO: MI/Bagus Suryo

Metrotvnews.com, Jakarta: President Commissioner-Independent Commissioner PT Indonesia Infrastructure Finance (IFF) Chatib Basri mengungkapkan bahwa minat investor terhadap infrastruktur di Indonesia cukup beragam.

Menurut Chatib, infrastruktur di listrik merupakan sektor yang paling memungkinkan dan paling siap dengan adanya regulasi yang jelas. Apalagi, pemerintah memberikan fokus lebih terhadap sektor yang cukup diminati oleh investor ini.

Disampaikan mantan menteri keuangan tersebut, dalam investasi infrastruktur yang terpenting bukanlah pada insentifnya, melainkan persiapan proyek yang membuatnya menjadi krusial di mata investor.

"Yang memungkinkan itu di sektor listrik. Pemerintah punya proyek listrik 35.000 megawatt (mw)," ujar Chatib, di Jakarta, Rabu (17/6/2015).

Kendati demikian, Chatib menilai infrastruktur bukan proyek yang mudah. Untuk memulainya butuh waktu jangka panjang. Ia mengambil contoh pada peresmian tol Cipali yang dilaksanakan Sabtu pekan lalu.

"Tol Cipali butuh waktu delapan tahun dalam penyelesaiannya. Jadi proyeknya jangka panjang," katanya.

Ditambahkan Chatib, proyek jangka panjang ini dipandang sebagai sesuatu yang realistis. Kapasitas Pantura yang masih terbatas menyebabkan setiap jalan yang dilewati dengan load kendaraan yang tinggi pasti rusak.


(AHL)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /