Ekspor Bali Alami Perlambatan

Antara    •    18 Juni 2015 11:56 WIB
ekspor
Ekspor Bali Alami Perlambatan
Ekspor (ANTARA FOTO/Dewi Fajriani)

Metrotvnews.com, Denpasar: Peraturan Pemerintah terkait pelarangan penggunaan kapal asing untuk menangkap ikan terutama di lepas pantai berdampak pada menurunnya hasil tangkapan ikan tuna segar, terutama yang diekspor ke Jepang.

"Penurunan itu terlihat dari volume ekspor Provinsi Bali yang mencapai 27,8 ribu ton pada triwulan I-2015 dari 32,84 ribu ton pada triwulan IV 2014,"  kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Wilayah III, Bali dan Nusa Tenggara, Dewi Setyowati, di Denpasar, Kamis (18/6/2015).

Dalam laporan statistik ekonomi keuangan daerah Provinsi Bali menyebutkan, walau dalam perolehan devisa nonmigas Bali tidak sebaik perkiraan sebelumnya, namun kinerja neraca perdagangan pada triwulan I-2015 menunjukkan kinerja yang cukup baik.

Dewi menyebutkan, ekspor daerah ini sedikit mengalami perlambatan dari 19,96 persen (yoy) triwulan IV-2014 menjadi 18,55 persen (yoy) di triwulan I-2015. Kondisi itu  terjadi seiring dengan perkiraan perbaikan perekonomian Amerika Serikat (AS) yang tidak sebaik sebelumnya.

Kondisi itu merupakan salah satu penyebab meningkatnya ekspor ke negara tujuan tersebut tidak setinggi perkiraan. Selain itu, berdasarkan hasil survei  untuk komoditas perikanan yang juga merupakan komoditas unggulan Provinsi Bali juga melorot.

"Hampir semua komoditas unggulan tersebut mengalami perlambatan kecuali komoditas pakaian jadi yang mayoritas diekspor ke negara Amerika Serikat yang terus menunjukkan tanda-tanda perekonomian yang membaik," ujar Dewi.

Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) Bali mencatat perolehan devisa nonmigas Bali Januari-April 2015 sebesar USD178,1 juta, di mana sebesar USD38,8 juta di antaranya diperoleh dari perdagangan ke AS, menyusul Jepang sebesar USD16,5 juta, dan Singapura sebesar USD14 juta.


(ABD)


Nostalgia Kiper Klub Liga Inggris di Piala AFF 2018
Piala AFF 2018

Nostalgia Kiper Klub Liga Inggris di Piala AFF 2018

12 minutes Ago

Kembalinya Etheridge ke Piala AFF ditandai dengan hasil positif. Filipina berhasil meraih kemen…

BERITA LAINNYA
Video /