Teknologi Otomotif

Range Rover Sport bisa Dikendalikan Lewat Smartphone

Ekawan Raharja    •    19 Juni 2015 06:33 WIB
jaguar
Range Rover Sport bisa Dikendalikan Lewat <i>Smartphone</i>
Jaguar land Rover masih melakukan riset terhadap pengendalian kendaraan melalui remot kontrol yang dipasangkan pada smartphone. Jaguar Land Rover

Metrotvnews.com: Mungkin dulu kita bisa saja terkagum-kagum saat menonton film 007 dimana James Bond Bisa mengendalikan mobilnya lewat telepon genggamnya. Dan kini Jaguar Land Rover pun mewujudkan hal tersebut.

Dilansir dari Worldcarfans, Jaguar Land Rover (JLR) telah merilis Range Rover Sport prototipe yang bisa dikendalikan melalui remot kontrol. Canggihnya lagi, remot kontrolnya bisa diinstal di smartphone.

Penelitian yang masih terus dilakukan oleh JLR menjelaskan bagaimana pengendara bisa mengendalikan kendaraanya dari luar menggunakan smartphone. Pengendali jarak jauh tersebut bisa mengatur kemudi, gas, rem, dan jarak tinggi dan rendah kendaraan layaknya simulasi video game.

Menurut data yang dirilis JLR, fitur itu dapat mempermudah pengendara bermanuver dalam kondisi yang menantang, termasuk medan offroad yang sulit. Hal ini dikarenakan pengendara bisa memantau keadaan dari luar mobil dan memperkirakan lebih baik posisi kendaraan ketika bermanuver.

Tidak hanya mengatasi medan yang sulit, fitur pengendali jarak jauh tersebut bisa dimanfaatkan ketika sedang parkir. Jika pengemudi tidak bisa masuk ke dalam mobil karena ruang parkir yang sempit, maka fitur ini bisa berguna untuk memindahkan mobil dari tempat parkir..

"Mengeluarkan mobil dari parkiran terkadang membuat stres pengendara. Remot kontrol atau kendaraan otonom bisa menunjukan kita bagaimana teknologi baru dapat mengurangi tingkat kebosanan saat mengemudi dan meningkatkan keselamatan di jalan," tutup Wolfgang Epple selaku Direktur Riset dan Teknologi JLR.




(UDA)