DKI akan Bangun Panti Gangguan Jiwa

Wanda Indana    •    18 Juni 2015 15:43 WIB
djarot saiful hidayat
DKI akan Bangun Panti Gangguan Jiwa
Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. (Foto: M. Rodhi Aulia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun panti sosial untuk orang dengan masalah kejiwaan (ODMK). Sebab, Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 1, Cengkareng, Jakarta Barat, sudah melebihi kapasitas.
 
Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, kapasitas penghuni Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 1 hanya 700 orang, namun penghuninya sudah mencapai 787.
 
Ia akan membangun panti sosial baru jika kebutuhan kamar penghuni sudah mendesak. Menurut Djarot, penambahan ruangan Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 1 masih  belum mendesak meskipun sudah melebihi daya tampung.
 
"Lebih sedikit gak apa-apa. Misal lebih 30 dan dibikin lagi gedung besar, malah tidak tertangani dengan baik. Kalau over banyak baru kita bangun," kata Djarot di Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 1, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (18/6/2015).
 
Uang makan Rp25 ribu untuk tiga kali makan sehari dinilai sudah tak layak. Pemerintah akan menambah anggaran makan penghuni panti.  "Kalau untuk sekarang tidak layak. Bisa kita naikin, tergantung usul kepala panti, naik Rp5 ribu atau Rp10 ribu, tapi saya lihat ada tempe tahu semangka, sudah sehat tadi," ujarnya.


(FZN)