Pertamina Ulik Potensi Warga Sungai Wain Menuju Sentra Souvenir

Annisa ayu artanti    •    19 Juni 2015 10:34 WIB
pertamina
Pertamina Ulik Potensi Warga Sungai Wain Menuju Sentra <i>Souvenir</i>
Nelayan sedang menelusuri perairan hutan mangrove Sungai Wain di Balikpapan, Kalimantan Timur. FOTO: TERBIT/SYAHRUL KARIM

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) mengembangkan potensi warga daerah Sungai Wain menuju sentra souvenir di Balikpapan.

Manager General Affairs Pertamina Samsudin mengatakan kegiatan ini merupakan kelanjutan dari program yang telah dijalankan sejak Maret 2015 melalui upskilling di Yogyakarta serta workshop tahap I dan II di Balikpapan.

"Kami optimistis bahwa warga Desa Sungai Wain memiliki kapasitas untuk mengembangkan potensi yang ada," ujar Samsuddin dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat (19/6/2015).

Samsudin mengungkapkan ada kapasitas dan potensi warga Desa Sungai Wain dibidang kerajinan (souvenir). Melihat potensi tersebut, Pertamina melalui kegiatan CSR, memberikan pelatihan dalam pembuatan beberapa produk souvenir khas Balikpapan.

"Sudah ada usaha terkait pariwisata yang coba dikembangkan oleh masyarakat seperti homestay dan warung makan, sementara potensi industri kecil kerajinan sendiri belum tergarap," jelas dia.

Dengan ada program pelatihan seperti ini, Pertamina berharap dapat membantu menyokong kemandirian ekonomi warga setempat.

Adapun beberapa hasil karya yang sudah dibuat oleh warga Desa Sungai Wain seperti tas, gantungan kunci, dan lain-lainnya. Ia pun mengapresiasi hasil- hasil karya tersebut yang rencananya akan dipamerkan sebagai souvenir khas Balikpapan.

"Produk-produk kerajinan tangan tersebut dirancang dengan mencerminkan ikon Balikpapan seperti burung enggang, beruang madu dan burung hutan," tutup dia.


(AHL)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /