Kurangi Disparitas Harga, Pemerintah Luncurkan Gerai Maritim

Eko Nordiansyah    •    19 Juni 2015 10:35 WIB
kemaritiman
Kurangi Disparitas Harga, Pemerintah Luncurkan Gerai Maritim
illustrasi, (ANT/Widodo S. Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan program "Gerai Maritim". Program ini dilakukan untuk memfasilitasi angkutan barang kebutuhan pokok, dengan tujuan memperkecil disparitas harga antarpulau dan memperkuat pasar dalam negeri.

"Ini menjadi salah satu wilayah mengurangi disparitas di wilayah timur dan wilayah terluar atau perbatasan Indonesia," ujar Menteri Perdagangan Rachmat Gobel di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (19/6/2015).

Gerai Maritim menuju Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua ini menggunakan kapal KM Gunung Dempo dengan rute Jakarta-Jayapura. Dengan mengangkut barang kebutuhan pokok dan penting sebanyak 13 kontainer (dry dan refrigerated container), seperti minyak goreng, telur ayam, daging ayam, tepung terigu, beras, gula, serta sembako lainnya.

"Ini juga sebagai Pilot Project yang dirintis dari penjabaran visi Presiden melalui tol laut. Mudah-mudahan, ini bisa pecahkan persoalan terutama dipasritas harga," lanjut dia.

Dirinya menambahkan, pemerintah juga akan tetap menjamin ketersediaan dan menstabilkan harga barang kebutuhan pokok di tengah masyarakat. Apalagi, dengan akan diterapkannya Masyarakat Ekononi ASEAN (MEA), program ini diharapkan bisa meningkatkan efisiensi produk serta menjaga kualitas terbaik bagi konsumen.

"Kita bekerja supaya tingkatkan efisiensi dan jaga kualitas produk kita sehingga yang sampai ke konsumen adalah produk yang terbaik," ujarnya. (MTVN/Arif W)


(ABD)

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool
Bursa Transfer Pemain

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool

1 day Ago

Juventus akhirnya menyatakan menyerah mengejar gelandang Liverpool Emre Can.…

BERITA LAINNYA
Video /