Akhir Tahun Diprediksi Surplus Beras 10,9 Juta Ton

Al Abrar    •    19 Juni 2015 17:01 WIB
beras
Akhir Tahun Diprediksi Surplus Beras 10,9 Juta Ton
Ilustrasi beras. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/

Metrotvnews.com, Jakarta: Stok bahan pokok di bulan Ramadan dan menjelang hari raya Idul Fitri, diakui Kementerian Pertanian (Kementan) mengalami surplus. Surplus tersebut di antaranya seperti beras, jagung, kedelai, gula pasir, dan bawang merah.

Menurut Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Benny Rachman, bahan pokok beras surplus hingga mencapai 10,9 juta ton di akhir 2015.

"Jadi untuk beras sangat aman. Indikasinya seperti di pasar induk beras Cipinang. Pada periode yang sama di 2015, dan periode Januari-Juni 2015 paling tinggi enam tahun terakhir," kata Benny, saat jumpa pers kesiapan pemerintah dalam penyediaan bahan pokok dan produk pertanian serta angkutan Lebaran, di Kemeninfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (19/6/2015).

Selain beras, kata Benny, untuk jagung diperkirakan akan surplus hingga hingga 42 ribu ton. Sementara untuk kedelai meski surplus namun tidak sebaik beras, sebab kata Benny kebutuhan lebih tinggi daripada pasokan.

"Ada upaya dilakukan untuk produksi dan produktivitas," ujar Benny.

Sementara untuk gula pasir tambah Benny, dipastikan surplus hingga 1,1 juta ton. Diikuti bawang merah yang mengalami surplus hingga 200 ribu ton.

"Bawang merah alami surplus namun tidak terlalu tinggi. Hanya persoalan pola tanam bawang tidak seperti beras sehingga perlu tata niaga yang lebih baik lagi," tukasnya.


(AHL)

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan
Inter Milan 2017--2018

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan

2 hours Ago

Inter Milan secara resmi mengonfirmasi perekrutan Joao Cancelo dengan status pinjaman dari Vale…

BERITA LAINNYA
Video /