Presiden Jokowi Tolak Lemahkan KPK

Arif Hulwan    •    19 Juni 2015 19:41 WIB
revisi uu kpk
Presiden Jokowi Tolak Lemahkan KPK
Tedjo Edhy Purdijatno. Antara Foto/Andika Wahyu

Metrotvnews.com, Jakarta: Alih-alih membenarkan adanya dalih penguatan, revisi UU KPK dipandang Pemerintah hanya akan melemahkan KPK. Tak ada kegentingan pula yang bisa memaksa revisi UU KPK itu menyelundup masuk ke program legislasi nasional tahun ini. Usulan pembahasan revisi perundangan itu pun ditolak Presiden Joko Widodo.

"Pemerintah tidak pada posisi memperlemah KPK. Sehingga, Pemerintah memandang belum perlu melaksanakan revisi UU KPK," ungkap Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno, usai rapat terbatas soal Inpres No 7 Tahun 2015 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi, di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (19/6/2015).

Tak cuma mencegah pelemahan KPK, lanjutnya, rapat terbatas itu kembali menyatakan komitmen Presiden untuk memperkuat seluruh aparat penegak hukum. Semuanya didorong untuk bersinergi dalam pemberantasan korupsi.

"Harus ada satu visi pemberantasan korupsi antara aparat penegak hukum, polisi, kejaksaan, KPK," cetus Tedjo.

Pascapenolakan ini, menurut anggota Tim Komunikasi Presiden Teten Masduki, Mensesneg Pratikno dan Menkumham Yasonna Laoly akan mengurus administrasi pengeluaran revisi UU KPK dari prolegnas 2015. Polemik pelemahan pun diharapkan mereda.

"Tidak ada alasan untuk merevisi, karena memperkuat KPK itu sekarang justru penting. Revisi itu akan memperlemah," ucapnya.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago menyatakan, revisi UU KPK itu tak termasuk dalam Rancangan Jangka Menengah maupun Pendek Prolegnas Pemerintah.

Lewat rapat tersebut, imbuhnya, Presiden menegaskan komitmennya untuk tidak memasukan UU itu dalam kalender revisi di masa pemerintahannya sepanjang tidak ada kegentingan. "Ya enggak ada batas waktu. Sampai seterusnya (tidak masuk prolegnas). Kita kan ingin (KPK) tetap kuat," ungkap dia.


(KRI)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

21 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /