Mentan Bakal Buka Pasar Baru Potong Rantai Pasok

Husen Miftahudin    •    19 Juni 2015 21:41 WIB
Mentan Bakal Buka Pasar Baru Potong Rantai Pasok
Sentra produksi bawang di Luwungragi, Brebes. FOTO: MTVN/Husen Miftahudin

Metrotvnews.com, Bima: Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengaku rantai pasok yang terlalu panjang membuat harga bawang merah melonjak hingga ke tangan konsumen. Menurut dia, hal ini harus ditindaklanjuti dengan membuka pasar baru guna memastikan diferensiasi harga antara petani dan konsumen akhir tak terlalu jauh.

"Nanti, kita akan membuka toko pasar baru di setiap titik. Ini menjadi pintu dan ini dipelopori oleh Badan Urusan Logistik (Bulog) bersinergi dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan," ujar Amran saat panen raya bawang merah di Desa Sangia, Sape, Bima, Jumat (19/6/2015).

Dia mengungkapkan, rantai pasok yang ada saat ini mencapai tujuh lini. Mulai dari petani, kemudian pengepul kecil, lanjut ke pengepul besar, pasar induk kota sentra produksi, pasar induk kota besar nasional, pasar tradisional, hingga pedagang sayur keliling. Ini yang membuat perbedaan harga bawang merah cukup tinggi.

"Kita potong bersama Bulog, kalau perlu dari petani atau dari pengumpul. Jadi memotong rantai pasok ini. Kami hitung kemarin dari (sentra produksi bawang merah) di Brebes ada tujuh rantai pasok. Kalau kita potong jadi tiga atau empat, harga ini akan turun drastis," papar Amran.

Tak hanya itu, tambah dia, untuk memastikan bawang merah tersebut terjaga kualitasnya, maka pihaknya akan membangun gudang penyimpanan atau cold storage. Rencananya, cold storage tersebut akan dibangun di seluruh sentra produksi bawang merah yang ada di Indonesia.

"Kita bangun cold storage di lokasi lumbung-lumbung bawang, ini kita program. Jadi mengantisipasi agar tak mengalami kebusukan. Kita lakukan sinergi dengan Bulog, Pertanian dan Perdagangan," pungkas Amran.
(AHL)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

1 hour Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /