Mo Farah: Saya Tidak Pernah Gunakan Doping!

Kautsar Halim    •    19 Juni 2015 22:39 WIB
atletik
Mo Farah: Saya Tidak Pernah Gunakan Doping!
Mo Farah (AP Photo/Martin Meissner, File)

Metrotvnews.com, London: Juara Olimpiade dua kali asal Britania Raya Mo Farah membantah pernah menggunakan doping untuk mendongkrak penampilannya. Menurutnya, meski mengakui sempat tidak lulus tes doping dua kali, ia mengklaim tidak pernah menggunakan berbagai obat-obatan terlarang tersebut.   

"Saya tidak pernah menggunakan obat-obatan peningkat performa sepanjang hidup saya dan saya tidak akan pernah melakukannya," kata Farah dalam di halaman Facebooknya, Jumat (19/6/2015)

Farah yang saat ini berusia 32 tahun terpaksa menjadi sorotan publik karena tuduhan yang ditujukan kepada pelatihnya, Alberto Salazar. Menurut dokumentasi yang diterbitkan BBC pada awal bulan ini, Alberto dianggap bersalah karena melanggar beberapa peraturan anti doping dunia.

Tuduhan itu berkembang ketika Daily Mail juga melaporkan bahwa Farah sempat tidak lulus tes doping pada 2010 dan 2011. Vonis yang diterimanya saat itu menjadi pertanyaan publik karena Farah tetap bisa mengikuti Olimpiade 2012, London.

Berdasarkan peraturan, harusnya Farah mendapat sanksi larangan bertanding selama 18 bulan. Namun, ia mendapat potongan hukuman dan hanya menjalani sanksi selama 12 bulan. Dengan begitu, Farah pun bisa mengikuti Olimpiade 2012, dan merebut dua medali emas dari nomor lari 5.000 dan 10.000 meter.

"Saya telah melakukan ratusan tes doping sepanjang karier dan semuanya negatif. Saya telah jelaskan sepenuhnya bahwa sempat tidak lolos tes doping dua kali pada karir saya. Itu pun bisa dipahami oleh otoritas yang berwenang, dan tidak pernah ada dugaan apapun selain kesalahan-kesalahan sederhana." tandasnya. (reuters)


(KAU)

Video /