Mayat Jatuh dari Langit, Diduga Penumpang Gelap Pesawat

Fajar Nugraha    •    20 Juni 2015 08:27 WIB
penerbangan
Mayat Jatuh dari Langit, Diduga Penumpang Gelap Pesawat
Penerbangan British Airways (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, London: Polisi menyelidiki jasad pria yang tewas di atas sebuah gedung di London, Inggris yang diduga jatuh dari sebuah penerbangan. Satu pria lain ditemukan kritis, setelah bersembunyi di ruang bawah pesawat selama 10 jam.

Petugas di Bandara Heathrow menemukan pria tersebut di ruang roda pesawat British Airways setelah mendarat Kamis pagi dari Johannesburg, Afrika Selatan.

Polisi mengatakan mereka mengetahui identitas pria tersebut yang berusia 24 tahun. Namun masih menanti konfirmasi sebelum dapat merilis informasi tersebut. Demikian diberitakan VOA Indonesia, Sabtu (20/6/2015).

Walaupun belum ada bukti yang menghubungkan kedua kasus, polisi mengatakan mereka menyelidiki keterkaitan dengan jenazah yang ditemukan satu jam kemudian di Richmond, daerah pemukiman di London bagian barat, yang berada dalam jalur penerbangan.

British Airways mengatakan, polisi di London dan Johannesburg bekerja sama untuk menggali fakta dalam 'kasus yang langka ini'.

Para pakar menyatakan, sekitar tiga perempat dari kasus penumpang gelap di pesawat yang bersembunyi di ruang roda pesawat berakhir dengan kematian. Ini disebabkan karena udara dingin yang menusuk dan kekurangan oksigen saat pesawat mencapai ketinggian jelajah.

Walaupun jarang, sudah pernah ada penumpang gelap pesawat yang jatuh ke jalan-jalan di London barat saat pesawat menurunkan roda pesawat untuk persiapan mendarat.

Pada September 2012, seorang pria berusia 30 tahun dari Mozambik, Jose Matada, tewas setelah jatuh dari ruang bawah pesawat dari Angola ke jalanan di Mortlake, yang tidak jauh dari Richmond.

Pemeriksaan terhadap jenazah menunjukkan pria tersebut berada di suhu beku hingga minus 60 derajat Celsius selama penerbangan, dan ia diyakini sudah tewas atau hampir tewas saat jatuh ke atap gedung.

Pakar penerbangan Chris Yates mengatakan pemeriksaan keamanan yang ketat di bandara seharusnya dapat mencegah kasus penumpang gelap seperti ini. Tapi ia mengatakan memang ada beberapa kasus di mana penumpang gelap bisa selamat sampai tujuan.
 


(FJR)

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

10 hours Ago

Timnas U-16 hanya membutuhkan hasil seri di laga terakhir penyisihan Grup G saat menghadapi Lao…

BERITA LAINNYA
Video /