Studi: Lari Maraton Bisa Menyebabkan Keracunan Darah

   •    20 Juni 2015 10:52 WIB
kesehatan
Studi: Lari Maraton Bisa Menyebabkan Keracunan Darah
Foto: flipboard.com

Metrotvnews.com: Terlalu banyak olahraga dapat memicu keracunan darah. Apalagi, saat mengambil bagian dalam olahraga ketahanan ekstrem, yang ternyata bisa menyebabkan bakteri usus bocor ke dalam aliran darah yang bisa berakibat infeksi serius.

Para peneliti mengatakan, temuan mereka datang setelah menganalisis orang-orang yang berpartisipasi dalam kegiatan yang membutuhkan stamina ekstra, seperti ultra maraton dan multi maraton dengan tahap beberapa hari berturut-turut.

Dr Ricardo Costa, dari Universitas Monash, menjelaskan bahwa sampel darah diambil sebelum dan setelah olahraga, dibandingkan dengan kelompok kontrol, terbukti bahwa olahraga selama jangka waktu lama menyebabkan dinding usus berubah.

"Hal ini juga bisa menyebabkan bakteri endotoksin bocor ke dalam aliran darah. Sehingga memicu respon peradangan di seluruh tubuh," tambahnya seperti yang ditulis Daily Mail.

Ini merupakan peristiwa di mana orang berjalan selama lebih dari standar 26 mil (42 kilometer) dan sering berlari untuk jarak jauh pada hari berturut-turut. Para peneliti menemukan, bahwa orang yang ikut acara ketahanan tubuh tanpa persiapan yang paling berisiko terkena.

"Sangat penting bahwa siapa pun yang mendaftar untuk sebuah acara maraton untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan ikut pelatihan program secara khusus," ujar Dr Ricardo.

Tim peneliti juga menemukan bahwa orang-orang yang bugar dan dilatih selama periode waktu tertentu secara ekstrem, dapat mengurangi respon kekebalan tubuh yang menyebabkan dampak negatif pada kesehatan.

Kasus ini bisa dilihat dengan meninggalnya Ben Smith, 27 tahun, yang pingsan dan menutup usianya kurang dari dua jam sampai akhir finish pada 13,1 mil di bulan Maret tahun ini. padahal Ben memiliki tubuh yang fit dan sehat serta tidak mengalami penyakit serius.

"Kita tahu bahwa sampai setengah dari orang-orang yang menjalankan maraton mengembangkan gejala-gejala yang berkaitan dengan gastro-usus. Mereka bisa kram perut ringan dan diarrhea," kata Dr Mark Taylor, konsultan ahli patologi di County Hospital Brighton Royal Sussex. (Sumarni / Daily Mail)


(AWP)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

1 hour Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /