Empat Tersangka Suap Musi Banyuasin Diperiksa Dokter Sebelum Ditahan

Yogi Bayu Aji    •    20 Juni 2015 21:47 WIB
ott
Empat Tersangka Suap Musi Banyuasin Diperiksa Dokter Sebelum Ditahan
Tersangka kasus suap di Musi Banyuasin di Kantor KPK, Sabtu 20 Juni 2015. Foto: MTVN/Yogi Bayu Aji.

Metrotvnews.com, Jakarta: Empat tersangka dugaan suap APBD 2015 Musi Banyuasin langsung menjalani pemeriksaan tim dokter usai tiba di Gedung KPK, pukul 16.25 WIB, Sabtu (20/6/2015). Hal itu dilakukan untuk mengetahui kondisi mereka sebelum ditahan.

Tim dokter dari RS Bunda menteng diketahui tiba menumpangi satu unit mobil ambulans tak lama setelah tersangka tiba di KPK. Mereka tampak membawa satu boks peralatan medis untuk memeriksa kondisi para tersangka yang ditangkap pada Jumat 19 Juni malam.

"Iya, ada beberapa pemeriksaan dan administrasi dulu," kata Kepala Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Negara kepada Metrotvnews.com.

Pemeriksaan tersangka ini merupakan rangkaian SOP di lembaga antikorupsi sebelum menahan seorang tersangka. Hal ini guna menghindari tersangka mendadak sakit karena memiliki penyakit berat bawaan.

Dalam kasus ini, KPK sudah menetap empat tersangka. Mereka adalah anggota DPRD asal PDIP Bambang Karyanto, anggota DPRD asal Gerinda Adam Munandar, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Muba Syamsudin Fei, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Beppeda) Muba Fasyar.

Bambang dan Adam yang diduga sebagai penerima suap dikenaikan Pasal 12 huruf a, Pasal 12 huruf b, Pasal 11 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana.

Sementara, Syamsudin dan Fasyar sebagai pemberi suap dijerat dengan Pasal 5 ayat 1 huruf b, Pasal 13 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana.

Keempat dicokok saat bertemu di rumah Bambang di Jalan Sanjaya, Alang-alang, Palembang, Sumatera Selatan. Saat itu mereka sedang melancarkan aksi suap menyuap. Penyidik menemukan uang tunai sekitar Rp2,567 miliar dalam pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu dalam tas merah marun di sana.

Keempat tersangka rencananya akan ditahan secara terpisah. Bambang Karyanto Adam Munandar (ADM) ditahan di Rutan Guntur. Sementara, tersangka Syamsudin dan Fasyar ditahan di Rutan KPK.

"Enggak lama lagi (dibawa ke Rutan)," imbuh Priharsa.



(DRI)

Reaksi Netizen Usai Timnas U-16 Bungkam Thailand
Timnas Indonesia U-16

Reaksi Netizen Usai Timnas U-16 Bungkam Thailand

1 hour Ago

Meski meraih kemenangan, Indonesia masih mendapat beberapa catatan kelemahan dari netizen. Menu…

BERITA LAINNYA
Video /