Menlu Korsel Tiba di Jepang untuk Turunkan Ketegangan

Willy Haryono    •    21 Juni 2015 14:30 WIB
jepang-korsel
Menlu Korsel Tiba di Jepang untuk Turunkan Ketegangan
Menlu Korsel Yun Byung-se. AFP / JUNG YEON-JE / POOL

Metrotvnews.com, Seoul: Menteri Luar Negeri Korea Selatan Yun Byung-se tiba di Tokyo, Jepang, Minggu (21/6/2015), untuk kali pertama sejak dirinya menjabat. 

Korsel dan Jepang akan memperingati perayaan ke-50 normalisasi hubungan diplomatik, walau kedua negara saat ini masih bersitegang atas beragam isu. 

Menurut keterangan Kemenlu Jepang, Yun akan menemui Menlu Fumio Kishida untuk mendiskusikan hubungan bilateral, masalah Korea Utara dan topik lainnya.

Seperti dikutip AFP, Yun juga akan menemui Perdana Menteri Shinzo Abe pada Senin mendatang. 

Hubungan Korsel dan Jepang memburuk akibat masalah sejarah dan teritorial. Abe dan Presiden Korsel Park Geun-hye belum pernah satu kali pun bertemu sejak keduanya berkuasa. 

Park menegaskan tidak akan ada pertemuan sebelum Jepang mau sepenuhnya meminta maaf atas kejahatan di zaman perang, terutama dalam hal budak seks wanita Korsel untuk prajurit Negeri Sakura. 

Dalam wawancara belum lama ini, Park menyebut sudah adanya kemajuan berarti dalam isu budak seks, dan kedua negara sudah memasuki fase final dalam negosiasi bilateral. 

Pemerintah Jepang sudah mengeluarkan permohonan maaf resmi atas dosa di zaman perang pada 1993. Meski sudah menjadi kebijakan nasional, Abe dinilai sebagian kalangan enggan melanjutkan permohonan maaf itu, dan justru memuji para prajurit Jepang yang gugur saat Perang Dunia II. 

Abe menunjukkan hal ini dengan mengunjungi Kuil Yasukuni, tempat bersemayamnya banyak tentara Jepang. Aksi Abe dinilai sejumlah negara tetangganya sebagai penghinaan dan kemunduran dari permohonan maaf resmi Jepang. 



(WIL)

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya
Jelang Tottenham vs Juventus

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya

1 day Ago

Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente, menegaskan tidak akan merayakan jika dia mencetak…

BERITA LAINNYA
Video /