Freeport Perlu Jaga Produksi

Suryopratomo    •    21 Juni 2015 17:08 WIB
freeport
Freeport Perlu Jaga Produksi
Freeport (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Tembagapura: Produksi pertambangan tembaga PT Freeport Indonesia dari penambangan terbuka di Grasberg terus mengalami penurunan. Untuk menjaga produksi 240 ribu ton per hari, Freeport harus memulai penambangan bawah tanah.

Senior Manager Concentrating Mills Freeport Indonesia Eko Purnomo, saat menerima kunjungan para pemimpin redaksi media massa di Tembagapura menjelaskan, persetujuan izin perpanjangan penambangan diperlukan agar operasi Freeport tidak menurun. PT Freeport Indonesia sudah mulai membangun infrastruktur bagi penambangan bawah tanah dan akan bisa beroperasi begitu Izin Usaha Penambangan Khusus diberikan pemerintah.
 
"Dari satu ton batuan yang ditambang di Grasberg akan didapat tembaga sekitar 263 kilogram (kg). Sementara kadar emasnya sekitar 25 gram dan perak sekitar 66 gram," ungkap Eko, Minggu (21/6/2015). 

"Proses pengolahan yang dilakukan Freeport untuk menghasilkan konsentrat menggunakan teknologi detergen. Proses ini tidak berbahaya dan tidak merusak lingkungan," tambahnya.

Senior Vice President Geoservice Freeport Wahyu Sunyoto mengatakan, perkiraan potensi ore yang masih terkandung di tambang bawah tanah sekitar 2,3 miliar ton. Apabila izin pertambangan diberikan, maka potensi itu akan bisa dieksploitasi hingga 2041.

Sementara itu, Vice President Underground Mining Henki Rumbino mengatakan, Freeport sudah menginvestasikan USD1,5 miliar untuk membangun infrastruktur di bawah tanah. Sejauh ini, sudah terbangun terowongan melingkar sepanjang 500 km. Semua proyek pembangunan dilakukan oleh putra-putra Indonesia.

Kelak apabila operasi tambang bawah tanah dilakukan, proses peledakan dan pemindahan batu mineral ke atas truk akan dilakukan dari jarak jauh. Semua proses sudah dipersiapkan dan sejauh ini berjalan dengan baik.

Setelah penambangan permukaan di Grasberg habis, maka seluruh kebutuhan produksi pabrik pengolahan sebesar 240 ribu ton akan dipasok dari penambangan bawah tanah.



(ABD)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /