7 ABK Kapal Tenggelam di Aceh Masih Dicari

Amiruddin Abdullah Reubee    •    21 Juni 2015 19:23 WIB
kapal tenggelam
7 ABK Kapal Tenggelam di Aceh Masih Dicari
Ilustrasi kapal tenggelam. Foto: Antara/Novi Abdi

 
Metrotvnews.com, Lhokseumawe: Tim gabungan Badan SAR Nasional Kabupaten Aceh Utara dan TNI/Polri menyisir perairan laut Selat Malaka guna mencari keberadaan 7 awak kapal (ABK) Citra Indah yang tenggelam pada Selasa, 16 Juni. 

Kapal Citra Indah tenggelam sekitar 18 mil dari lepas pantai Kota Lhokseumawe dalam pelayaran mengangkut 300 ton gula dari Port Klang Malaysia ke Sabang, Aceh.

Kapal ini diketahui tenggelam nelayan tradisional asal Aceh Utara pada Jumat, 19 Juni, sekitar pukul 19.30 WIB, berhasil menyelamatkan dua ABK yang terombang ambing dengan pelampung. Satu ABK lainnya berhasil diselamat oleh kapal tangker dan sekarang telah didaratkan di Singapura.

Dari 10 ABK termasuk kapten kapal, baru tiga orang itu yang telah dievakuasi. Masih ada tujuh ABK lagi yang belum diketahui keberadaannya dan masih dalam pencarian tim gabungan SAR bersama personel TNI/Polri.

Setelah pada Jumat dan Sabtu mencari di perairan Lhokseumawe serta Aceh Utara, kini tim memperluas pencarian ke Pidie dan Aceh Timur. Bahkan, pihak Lanal Lhokseumawe telah menghubungi jajarannya ke perairan wilayah timur Aceh untuk memantau hingga ke pernatasan Aceh Utara.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Anang Triarsono, mengatakan pihaknya berusaha dan bekerja keras mencari korban kapal tenggelam itu. Semua fasilitas yang dimiliki telah diturunkan ke lokasi pencarian termasuk kapal yang tersedia di pihaknya.

Hingga berita ini diturunkan belum diketahui nasib tujuh awak kapal yang masih hilang itu. Informasi yang diperoleh Media Indonesia ketujuh awak kapal tersebut berasal dari Tanjung Balai, Sumatera Utara.

Masing-masing bernama Arifin Saputra, Gino, Rudi Ramadhan, Ridwan, Umar, Rizi dan Marlin. Mereka bekerja pada Kapal Citra Indah yang mengangkut gula pasir dar Port Klang, Malaysia tujuan Sabang, Aceh.

Adapun dua awak kapal yang berhasil diselamatkan oleh nelayan Aceh Utara saat terombang-ambing adalah Sabaruddin Manurung dan Feri Andika, asal Tanjung Balai Sumatera Utara. Keduanya dirawat di Puskesmas Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara. 

Mereka mengalami dehidrasi, perut kembung, sakit kepala dan mual-mual karena berada di laut sekitar tiga hari. Kondisinya sudah membaik setelah mendapat perawatan medis sejak ditemukan Jumat malam. Sedangkan ABK yang di selamatkan Kapal Tangker ke Singapura bernama Agus Marpaung asal Tanjung Balai.


(UWA)

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya
Jelang Tottenham vs Juventus

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya

4 hours Ago

Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente, menegaskan tidak akan merayakan jika dia mencetak…

BERITA LAINNYA
Video /