Menteri Agraria Buka Gerai Pelayanan Tanah di Mal

Sumantri    •    21 Juni 2015 20:55 WIB
pertanahan
Menteri Agraria Buka Gerai Pelayanan Tanah di Mal
Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan. Foto: MI/Angga Yuniar

Metrotvnews.com, Tangerang: Komitmen Kementerian Agraria dan Tata ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk memberikan akses pelayanan kepada masyarakat dalam mengurus surat pertanahan terus dibuktikan dengan berbagai inovasi. 

Di bulan Ramadan ini, peningkatan layanan tersebut disajikan dalam program Ngabuburit Service di pusat-pusat keramaian.

Menteri ATR/Kepala BPN, Ferry Mursyidan Baldan, mengatakan Ngabuburit Service merupakan salah satu bentuk inovasi pelayanan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus sertifikat tanah.

"Kita manfaatkan momentum Ramadan ini dengan meluncurkan Ngabuburit Service di pusat-pusat keramaian. Biasanya masyarakat ada tradisi ngabuburit keluar rumah dan menghampiri pusat keramaian untuk menunggu waktu buka puasa," ujar Ferry di sela-sela mengunjungi gerai Ngabuburit Service, di salah satu mal di Tangerang, Banten, Minggu (21/6/2015).

Menurutnya, momentum Ramadan harus tetap dijadikan oleh seluruh jajaran BPN untuk memberikan layanan yang optimal kepada masyarakat. Diharapkan, program tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengurus surat-surat pertanahan.

"Kita gunakan momentum ini agar tujuan memudahkan pelayanan bisa tercapai. Jajaran kami harus siap memberikan pelayanan dengan memberikan kemudahan," tegas politisi Partai NasDem itu.

Ferry juga mengimbau kepada seluruh BPN dan Kanwil di daerah untuk memanfaatkan tradisi ngabuburit di wilayahnya masing-masing. "Tradisi itu harus kita tangkap," tegasnya.

Dikatakan, berbagai inovasi yang dilakukan BPN diartikan sebagai upaya sosialisasi terhadap masyarakat akan pentingnya memiliki sertifikat pertanahan. 
"Inovasi program ini sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat supaya sertifikat itu menjadi salah satu perhatian dan menjadi sesuatu yang penting. Makanya, kita jawab dengan kemudahan-kemudahan pelayanan," jelasnya.

Menurutnya, sejumlah inovasi yang sudah dilakukan oleh BPN dan Kanwil di daerah cukup efektif untuk memudahkan masyarakat. Dikatakan, tujuan utamanya adalah agar masyarakat bisa terlayani dengan baik.

"Semua yang kita lakukan untuk kemudahan layanan masyarakat, tapi kita tidak mau katakan efektif atau tidak. Yang penting, masyarakat bisa terlayani," kata Ferry.

Ke depan, sambung dia, tidak tertutup kemungkinan pihaknya akan membuat gerai-gerai pelayanan di sejumlah titik yang dirasa efektif, semisal di Kantor Pos, mal, atau minimarket.


(UWA)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /