TransJakarta Scania Hanya Beroperasi di 6 Koridor

Achmad Zulfikar Fazli    •    22 Juni 2015 13:01 WIB
transjakarta
TransJakarta Scania Hanya Beroperasi di 6 Koridor
Scania Jakarta. (Foto:Antara/Fanny Octavianus)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hanya mengoperasikan bus TransJakarta merek Scania yang baru datang dari Swedia di enam koridor. Tidak semua koridor bisa dilalui bus gandeng itu.
 
Direktur Utama PT Transjakarta Antonius Kosasih mengatakan, 20 unit bus berteknologi canggih itu hanya beroperasi di Koridor I (Blok M-Kota), Koridor VIII (Lebak Bulus-Harmoni), Koridor IX (Pinang Ranti-Pluit), Koridor X (Tanjung Priok-Cililitan), Koridor XI (Kampung Melayu-Pulogebang), dan Koridor XII (Pluit-Tanjung Priok).
 
Ia mengungkapkan, untuk meningkatkan pelayanan, pihaknya akan mengalihkan bus tunggal dari enam koridor itu ke koridor yang tidak terlayani Scania gandeng. “Ruas koridor tidak sama, ada yang sempit, nanti beberapa bus tunggal dari enam koridor itu akan kami alihkan,” katanya.
 
Sebanyak 20 bus baru itu tidak dapat langsung beroperasi, karena masih menunggu proses administrasi, seperti perizinan dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Bus berteknologi tinggi itu baru beroperasi pada pertengahan Juli 2015.  
 
"Kami akan operasikan bus Scania di beberapa koridor yang dapat dilalui bus gandeng,” ujarnya.
 
PT Transjakarta sudah memesan 51 bus articulated (gandeng). Rencananya, semua bus tiba sebelum akhir Desember. “Ini baru 20, sisanya sebanyak 31 unit akan diserahkan PT. United Tractor selaku Agen Pemegang Merek," tandas dia.
 
Scania Euro6  berbahan bakar gas CNG (compressed natural gas) dengan emisi gas buang 13,5 persen ketimbang standar Euro3. Bus kebanggaan Scandinavia itu bersuspensi udara terkendali komputer, begitu juga dengan sistem pengeremannya electronically braking system dan ABS plus fitur hill hold.
 
Bus itu dibuat dengan konsep bus rapid transit (BRT) sesuai keinginan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Scania Euro6 mampu membawa 180 orang tanpa berdesakan. Ada barisan kursi khusus kaum difabel dan wanita.
 
Harga bus gandeng canggih itu Rp5,8 miliar per unit (on the road) dengan bodi full alumunium. Kekuatan, kehandalan dan kualitas bus berkelir merah semburat kuning khas TransJakarta itu diklaim memiliki usia pakai 15 tahun.


(FZN)


Video /