Harga Ikan Laut Melonjak di Bengkulu

Antara    •    22 Juni 2015 13:38 WIB
perikanan
Harga Ikan Laut Melonjak di Bengkulu
illustrasi, (ANT, Oky Lukmansyah)

Metrotvnews.com, Bengkulu: Harga ikan laut yang dijual di pasar tradisional Kota Bengkulu mengalami lonjakan akibat minimnya pasokan dari nelayan setempat.

"Sudah tiga hari ini harga ikan laut melonjak tajam bahkan kami kesulitan dapat ikan untuk dijual," kata Hasanah, pedagang ikan segar di Pasar Tradisional Pasar Minggu Kota Bengkulu, Senin (22/6/2015).

Ia mengatakan, tingginya harga beli ikan dari nelayan membuat harga jual yang ditawarkan kepada pembeli juga tinggi. Harga ikan kape-kape yang biasanya Rp35 ribu per kilogram (kg) naik menjadi Rp50 ribu per kg, ikan 
gebur naik dari Rp40 ribu menjadi Rp60 ribu per kg, ikan sisik dari Rp20 ribu menjadi Rp30 ribu per kg.

"Kenaikan sangat tinggi mencapai Rp10 ribu sampai Rp20 ribu per kg," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Nelayan Muda Mandiri Kelurahan Pondok Besi Kota Bengkulu David mengatakan, minimnya pasokan ikan dari nelayan karena cuaca tidak mendukung untuk melaut.

"Dua hari lalu tiba-tiba gelombang tinggi saat subuh sehingga banyak kapal dan jaring nelayan yang bersandar di pinggir laut rusak," katanya.

Sebelumnya, David mengungkapkan bahwa beberapa hari lalu telah terjadi badai di perairan Bengkulu sehingga nelayan tidak berani melaut mengingat ketinggian ombak mencapai tiga meter. Karenanya, David membenarkan pasokan yang minim membuat harga ikan melonjak tinggi, seperti ikan dencis yang biasanya dijual Rp15 ribu per kg menjadi Rp25 ribu per kg dan ikan belato biasanya Rp20 ribu per kilogram menjadi Rp35 ribu per kilogram. (MTVN/Arif W) 

 


(ABD)