Sekolah AS Gunakan iPad Pada 75% Kurikulumnya

Riandanu Madi Utomo    •    22 Juni 2015 15:35 WIB
apple
Sekolah AS Gunakan iPad Pada 75% Kurikulumnya
Sekolah di AS mulai banyak yang menerapkan kurikulum berbasiskan iPad (foto: Ubergizmo)

Metrotvnews.com: Perkembangan teknologi memang mempengaruhi berbagai aspek di kehidupan kita, termasuk dunia pendidikan. Di Mineola Union Free School District tersebut, New York, Amerika Serikat, 75 persen dari kurikulum pendidikannya merupakan pelajaran yang melibatkan penggunaan iPad.

Penggunaan iPad dengan porsi yang sangat signifikan tersebut pun membuat para siswa sekolah yang ada di distrik tersebut semakin jarang menggunakan buku, kertas dan alat tulis lainnya sebagai penunjang kegiatan belajarnya.

Mereka memang tak sepenuhnya akan beralih ke "alat tulis digital" karena masih harus menulis laporan dan mengerjakan pekerjaan rumah dengan menggunakan buku, namun sebagian besar kegiatan di sekolahnya kini telah menggunakan iPad.

Salah satu bentuk pengajaran dengan menggunakan iPad terlihat ketika para siswa sedang belajar matematika. Para siswa dan guru menggunakan aplikasi bernama Edmodo untuk saling berinteraksi, mulai dari mengirimkan pertanyaan hingga mengumpulkan jawaban tes ulangan.

Kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan iPad juga terlihat lebih efisien ketimbang menggunakan metode tradisional, karena berbagai proses dapat dilakukan dengan cepat. Menanggapi hal tersebut, Apple mengatakan bahwa mereka akan terus mendukung program penggunaan iPad untuk tujuan pendidikan. Mereka juga akan mengembangkan berbagai aplikasi khusus untuk menunjang kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan iPad. (Ubergizmo)


(ABE)


Video /