Volume LPG 3 Kg Naik, Ini Kata Komisi VII DPR

Annisa ayu artanti    •    22 Juni 2015 15:30 WIB
elpiji 3 kgdpr ads
Volume LPG 3 Kg Naik, Ini Kata Komisi VII DPR
Gedung Parlemen (MI/SUSANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Satya Wira Yudha menilai bila ada penambahan volume LPG tiga kilogram (kg) berarti ada upaya untuk melakukan penambahan impor.

"Kan tadi kita sampaikan, menambah itu setelah kita merubah pola distribusinya dari terbuka menjadi tertutup. Kalau terus ditambah itu tidak akan ada habisnya," kata Satya, usai Rapat Kerja dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (22/6/2015).

Menurutnya, bila volume terus dilakukan penambahan maka tidak akan ada habisnya mengingat semua orang pasti lebih menginginkan LPG tiga kg karena harganya lebih murah dibandingkan LPG 12 kg. Karenanya, pola distribusi LPG ini harus diubah, yang semula menggunakan pola terbuka menjadi pola tertutup.

"Karena semua orang menginginkan LPG tiga kg, malahan LPG 12 kg jadi tidak laku. Karenanya boleh menambah, tapi pola distribusinya harus diubah dari terbuka menjadi tertutup," jelas dia.

Ia menjelaskan, penetapan subsidi ini adalah hak pemerintah. Meski hak pemerintah, tapi perlu diketahui bahwa subsidi barang tidak akan tepat bila dibandingkan dengan subsidi terhadap orang. Karenanya, pola subsidi pun sudah berubah dari produk subsidi menjadi target subsidi.

"Mulai dari produk subsidi menjadi target subsidi. Jadi, jangan dibalikin lagi. Adapun LPG tiga kg melakukan produk subsidi diizinkan tetapi harus terukur. Nah, cara mengukurnya pola distribusinya harus tertutup," pungkas dia

Sebelumnya, pemerintah mengusulkan volume LPG tiga kg akan mengalami kenaikan dibandingkan 2015 yaitu dari 5,766 juta metrik ton menjadi 6,602 juta metrik ton. "Volume elpiji kami di 2016 diperkirakan 6,602 juta metrik ton. Ini mengalami kenaikan dibandingkan 2015 yaitu 5,766 juta metrik ton," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.


(ABD)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

3 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /