BEI Gelontorkan Rp10 Miliar untuk Laporan Standar Global

Dian Ihsan Siregar    •    22 Juni 2015 15:54 WIB
bei
BEI Gelontorkan Rp10 Miliar untuk Laporan Standar Global
Foto Launching XBRL di Fedung Bursa Efek Indonesia, Senin (22/6/2015) (ANT/Akbar Nugrohoy)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) mengalokasikan dana investasi sebesar Rp10 miliar untuk pengelolaan sistem laporan keuangan emiten yang berbasis Extensible Business Reporting Language 
(XBRL).

Direktur Utama BEI Ito Warsito mengatakan, dalam ruang lingkup ASEAN, Indonesia paling awal menggunakan sistem ini. "Padahal, laporan dengan sistem XBRL ini sudah dipakai lebih dari 60 negara," kata Ito, ketika 
ditemui di Gedung BEI, Jakarta, Senin (22/6/2015).

Menurut Ito, dengan menggunakan XBRL ini bursa bisa meraih investor yang baru. Sebab, setiap orang di pelosok dunia bisa melihat laporan keuangan dengan bahasa masing-masing negara. Tentu ini memberikan keuntungan tersendiri bagi perkembangan bursa di Indonesia.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida menyebutkan, sistem XBRL ini bakal mempermudah otoritas dalam menganalisa laporan keuangan. 

"Language (bahasa) ada standar formatnya. Dengan laporan emiten ini bisa dianalisa yang lebih cepat," ungkap Nurhaida.

Ditambahkan Nurhaida, sistem laporan keuangan yang baru ini juga bakal mendapatkan data yang lebih akurat, efisien, dan cepat. (MTVN/Arif W) 



(ABD)


Video /