Cegah Penembakan Liar, California Pasang Sistem Deteksi Khusus di Sekolah

Riandanu Madi Utomo    •    22 Juni 2015 19:23 WIB
teknologi
Cegah Penembakan Liar, California Pasang Sistem Deteksi Khusus di Sekolah
Sistem ShotSpotter mampu mendeteksi lokasi dari pelaku penembakan di sekolah-sekolah AS

Metrotvnews.com: Maraknya aksi penembakan di sekolah-sekolah Amerika Serikat tidak hanya membuat para orangtua cemas akan keselamatan anaknya, namun juga menjadi wacana serius di pemerintahan. Untuk menghindari jatuhnya korban lebih banyak, pihak pemerintah California, baru-baru ini dikabarkan akan memasang sistem keamanan khusus bernama ShotSpotter di sekolah-sekolah.

Sistem tersebut dapat membantu berbagai pihak yang berwenang untuk mengetahui posisi pelaku penembakan. Ia terdiri-dari berbagai sensor suara dan cahaya yang dapat mendeteksi arah suara serta percikan api yang ditimbulkan saat senjata api ditembakkan.

Dengan sistem tersebut, diharapkan berbagai pihak yang berwenang dapat melakukan penanganan dini serta tindakan yang tepat agar tak ada korban berjatuhan. Sejauh ini, sistem tersebut telah dipasang di berbagai sekolah, salah satunya adalah Newark Memorial High School yang juga merupakan sekolah pertama yang mendapatkan sistem tersebut.

Ketika diwawancarai Contra Costa Times, kepala sekolah Newark Memorial High School, Dave Marken, mengungkapkan kegembiraannya atas hadirnya sistem tersebut. Ia berharap sistem tersebut dapat mengamankan anak didik serta stafnya. (Ubergizmo)


(ABE)


Perkiraan Formasi Liverpool vs AS Roma

Perkiraan Formasi Liverpool vs AS Roma

12 minutes Ago

Kekuatan lini tengah Liverpool untuk menopang penyerang akan bertambah saat menjamu AS Roma&nbs…

BERITA LAINNYA
Video /