OJK Miliki Satgas Waspada Investasi

Antara    •    22 Juni 2015 18:57 WIB
ojk
OJK Miliki Satgas Waspada Investasi
OJK (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Palembang: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki satuan tugas (satgas) waspada investasi untuk menindak kasus-kasus penghimpunan dana ilegal tanpa izin operasi di masyarakat.

Kepala OJK Sumatera Selatan Patahudin mengatakan, satgas ini terdiri dari tiga unsur yakni kepolisian, kejaksaan, dan OJK. Unsur ini menjadi penting sehingga dapat berperan sebagai eksekutor di mana OJK bisa jadi penyidik.

"Pada prinsipnya, OJK itu mengurusi industri keuangan yang sudah memiliki izin. Tapi, dalam perkembangannya, tidak bisa juga seperti itu karena yang ada di masyarakat banyak yang tidak memiliki izin, sehingga dibentuklah satgas waspada investasi ini," tutur Patahudin, di Palembang, Senin (22/6/2015).

Ia mengatakan, jika terjadi kasus berkaitan dengan investasi di masyarakat maka tim ini akan turun dengan didampingi perwakilan departemen hukum dan departemen pendidikan OJK. Satgas ini terdapat dari tingkat pusat hingga tingkat daerah yang diketuai oleh pejabat kepolisian berbintang dua dengan dibantu empat pejabat divisi dengan pangkat kombes polisi.

"Inilah salah satu yang membedakan pengawaan bank ketika diawasi BI dan ketika diawasi OJK. Dulu, BI harus berkoordinasi dulu dengan kepolisian dan kejaksaan jika mau bertindak (eksekusi), tapi kini dengan keberadaan satgas waspada investasi ini sudah tidak perlu lagi karena sudah dalam satu wadah," pungkas dia.



(ABD)


Babak 1: Saling Balas Gol pada Laga Muenchen vs Madrid
Bayern Muenchen vs Real Madrid

Babak 1: Saling Balas Gol pada Laga Muenchen vs Madrid

29 minutes Ago

Selain harus kebobolan gol dari Madrid, pasukan Jupp Heycnkes ini juga kehilangan dua pemain me…

BERITA LAINNYA
Video /